Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upgrade Notepad di Windows 11, Cocok bagi Yang Suka Lupa Nge-"save"

Kompas.com - 05/09/2023, 12:21 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Microsoft

KOMPAS.com - Microsoft belakangan terus memperbarui kemampuan aplikasi-aplikasi bawaan yang ada di sistem operasi (OS) PC Windows 11. Salah satu yang terus diperbarui adalah aplikasi pencatat sederhana alias Notepad.

Setelah mendapatkan fitur Tab beberapa bulan lalu, kini aplikasi Notepad di Windows 11 mendapatkan fitur yang bisa disebut dengan Auto Save.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan aplikasi Notepad menyimpan catatan pengguna otomatis secara berkala, tanpa harus menyimpan catatan secara manual dengan fitur Save atau tombol "Ctrl+S".

Baca juga: Komputer Windows Bisa Diretas lewat Notepad

Dengan begitu, pengguna tak perlu khawatir apabila mereka lupa menyimpan catatan atau hasil ketikan mereka di Notepad, terutama ketika PC macet atau mati tiba-tiba.

Fitur alias kemampuan baru Notepad di Windows 11.Microsoft Fitur alias kemampuan baru Notepad di Windows 11.
 

Karena disimpan secara otomatis, Microsoft menyebut bahwa pengguna bisa melanjutkan hasil ketikan mereka di Notepad pada saat aplikasi Notepad kembali dibuka, terutama ketika dokumen belum disimpan dan aplikasi tersebut tiba-tiba tertutup.

Hal ini berlaku di semua tab yang pengguna sedang buka. Jika mereka sebelumnya membuka tiga tab atau dokumen di Notepad yang belum disimpan, misalnya, maka Notepad juga akan menampilkan tiga tab tersebut ketika pengguna kembali membuka Notepad.

Baca juga: Cara Mempercepat Booting Windows 10 dan Windows 11

Microsoft menambahkan bahwa fitur Auto Save di Notepad ini bisa dinon-aktifkan melalui menu pengaturan (Settings) apabila tak diperlukan. 

Snipping Tool dipercanggih

Selain Notepad, Microsoft juga memperbarui aplikasi bawaan Windows 11 lainnya yang biasa digunakan untuk mengambil screenshot layar, yaitu Snipping Tool.

Kini, aplikasi Snipping Tool terbaru akan bisa ditampilkan dan digabungkan dalam satu tab sederhana yang berisi tombol screenshot untuk mengambil gambar layar dan screen recorder untuk merekam layar.

Fitur terbaru di aplikasi Snipping Tool Windows 11.Microsoft Fitur terbaru di aplikasi Snipping Tool Windows 11.

 

Terkait perekaman layar, Snipping Tool juga kini mendukung input suara dari audio PC (yang berasal dari aplikasi atau konten yang sedang berjalan) atau dari mikrofon (suara pengguna).

Nah, rencananya, fitur terbaru Notepad akan hadir melalui versi 11.2307.22.0, sedangkan fitur terbaru Snipping Tool akan hadir di versi 11.2307.44.0, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Microsoft.com, Selasa (5/9/2023). 

Adapun pembaruan kedua aplikasi bawaan Windows 11 ini baru bisa dijajal oleh sejumlah pengguna Windows 11 versi Insiders, Canary, dan Dev Channels. 

Ke depannya, aplikasi Notepad dan Snipping Tool yang diperbarui ini akan dirilis ke Windows 11 versi publik, tentunya apabila kedua aplikasi tersebut sudah ditetapkan tidak ada masalah atau bug.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com