Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2023, 11:41 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Twitter

KOMPAS.com - Square Enix resmi meluncurkan game terbaru dari seri Final Fantasy, yaitu Final Fantasy XVI (16) pada 22 Juni lalu, eksklusif di konsol PlayStation 5 (PS5). Namun dalam beberapa waktu ke depan, game tersebut tak akan eksklusif di PS5 lagi.

Sebab, produser game Final Fantasy, Naoki Yoshida mengatakan bahwa pihaknya tengah menyiapkan versi (port) PC dari game tersebut. 

Hal ini disampaikan akun X/Twitter resmi dari game Final Fantasy 16 dengan handle @finalfantasyxvi.

Dalam sebuah postingan video, mereka mengunggah pesan dari Naoki Yoshida terkait pembaruan (update) Final Fantasy XVI, yang meliputi perubahan mekanisme senjata dan tampilan baju beberapa karakter di dalam game tersebut.

Baca juga: Game Final Fantasy XVI Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Nah di akhir video, ia juga mengatakan bahwa Final Fantasy XVI akan hadir dalam versi PC, sehingga tak lagi eksklusif di PS5. 

"Kami memantau bahwa banyak pengguna yang menginginkan game ini hadir di PC," ujar Naoki, dikutip KompasTekno dari Twitter.com, Selasa (5/9/2023).

"Oleh karena itu, izinkan saya mengumumkan bahwa versi PC dari Final Fantasy 16 saat ini tengah dalam pengembangan oleh tim kami," imbuh Naoki.

Baca juga: Game Final Fantasy XVI Bisa Dicoba Gratis di Indonesia, Begini Caranya

Ia tidak menyebut kapan game tersebut akan dirilis di PC. Namun, ia berjanji bahwa timnya akan memberikan informasi lebih detail terkait peluncuran Final Fantasy 16 versi PC sebelum akhir 2023 ini. 

Final Fantasy 14 tak lagi eksklusif di PlayStation

Sebelum adanya kabar ini, Naoki juga sempat mengumumkan bahwa game Final Fantasy 14 yang selama 10 ini hanya tersedia di konsol PlayStation (PS3 dan PS4), tak akan eksklusif lagi dan akan hadir di konsol Xbox tahun depan.

Ilustrasi Final Fantasy 14.Xbox Ilustrasi Final Fantasy 14.

Hal ini disampaikan Naoki dalam gelaran "Final Fantasy 14 Fan Fest 2023" yang dihelat di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, pada 28-29 Juli lalu.

Lewat ajang tersebut, Naoki mengumumkan bahwa game tersebut akan dirilis di konsol Xbox Series X/S pada musim semi (sekitar Maret-Mei) 2024 mendatang.

Baca juga: Final Fantasy 14 Hadir di Xbox Setelah 10 Tahun Eksklusif di PlayStation

Karena dirilis di konsol generasi terbaru, game Final Fantasy 14 akan bisa dimainkan dengan pengaturan grafis 4K dan akan memiliki waktu jeda (loading) yang diklaim lebih singkat.

Tidak disebutkan secara pasti tanggal berapa sebenarnya Final Fantasy 14 meluncur. Namun yang jelas, menjelang peluncurannya, pihak Xbox berjanji akan membuka akses awal (beta) terhadap Final Fantasy 14 kepada para pemilik Xbox Series X/S.

Akses awal terhadap game ini akan tersedia pada pembaruan (patch) konsol Xbox Series X/S versi 6.5x yang kabarnya bakal dirilis beberapa bulan sebelum Final Fantasy 14 diluncurkan ke publik.

Nah, dengan adanya dua konfirmasi resmi dari Naoki ini, pihak Square Enix tampaknya kini mulai "melunak" dan berbaik hati menghadirkan versi PC dari game seri Final Fantasy terbaru mereka di masa depan, sehingga seri game itu tak lagi eksklusif di konsol PlayStation.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Twitter
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com