Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Terbaru Windows 11 Atasi Masalah SSD Lemot

Kompas.com - 17/08/2023, 15:08 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak update KB5023778 yang dirilis pada Maret lalu, pengguna sistem operasi Windows 11 banyak mengeluhkan kecepatan SSD NVMe yang mendadak turun.

Dalam beberapa kasus, kecepatan SSD pengguna dilaporkan terpangkas hingga setengahnya. Masalah masih berlanjut hingga pembaruan-pembaruan setelahnya sampai bulan Juli.

Akhirnya, lewat update KB5029263 untuk bulan Agustus 2023, Microsoft dilaporkan sudah mengatasi masalah tersebut.

Seorang pengguna Windows 11 mengatakan kepada Windows Latest bahwa update Agustus telah mengembalikan kecepatan SSD seperti sedia kala.

Baca juga: Murah Tapi Kencang, Ini Rekomendasi SSD yang Sedang Turun Harga

Sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (17/8/2023), seorang pengguna lain yang menangani banyak sistem Windows 11 dengan SSD memberi pengakuan serupa.

"Saya melihat kinerja yang konsisten di seluruh perangkat kami. Saya berterima kasih atas perbaikannya, tapi ini mengingatkan pentingnya pengujian menyeluruh sebelum menggulirkan update software," kata si pengguna.

Meskipun demikian, permasalahan SSD lemot di Windows 11agaknya belum benar-benar tuntas.

Dalam sebuah diskusi di forum online Reddit, misalnya, seorang pengguna mengatakan bahwa dia masih mengalami masalah serupa walaupun telah memasang pembaruan Agustus 2023.

Persoalan ini sebenarnya telah menghantui pengguna Windows 11 sejak lama, yakni pertama kali mengemuka pada Desember 2021 dan kembali terulang di Maret 2023.

Baca juga: Windows 11 Dikeluhkan Bikin Lemot SSD

Dalam kasus tertentu, kecepatan transfer data SSD dilaporkan bisa menurun hingga hanya 1.000 MB per detik. Padahal, SSD NVMe (PCIe gen 4.0 dalam kasus ini) seharusnya dapat mencapai kecepatan 7.000 MB per detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com