Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max Resmi, Debut USB-C, Bodi Titanium, dan Action Button

Kompas.com - 13/09/2023, 07:35 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Apple

KOMPAS.com - Apple resmi meluncurkan sejumlah perangkat barunya di acara Apple Event "Wonderlust" yang digelar Rabu (13/9/2023) dini hari WIB tadi. 

Dua perangkat paling menarik yang diperkenalkan adalah smartphone iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Seperti namanya, kedua ponsel ini merupakan penerus dari iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang meluncur tahun lalu. 

Sebagai generasi penerus, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max tentunya dibekali dengan pembaruan, salah satunya adalah rangka bodi yang kini mengadopsi material titanium. Di iPhone sebelumnya, rangka bodi menggunakan material stainless steel.

Dengan elemen titanium khas iPhone 4 ini, Apple mengeklaim rangka iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max kuat, lebih ringan dari bodi iPhone yang tak menggunakan titanium, serta lebih "ramah" terhadap suhu panas.

Baca juga: Setelah 11 Tahun, Colokan iPhone Lightning Akhirnya Pensiun

Fitur unggulan iPhone 15 Pro.Apple Fitur unggulan iPhone 15 Pro.

Pembaruan lain juga terlihat di ujung layar (edge) yang lebih membulat, tombol mode senyap (Mute Switch) yang kini diganti dengan tombol aksi (Action Button), dan konektor USB-C yang mendukung standar USB 3.

Terkait Action Button, tombol ini bisa digunakan sebagai tombol pintasan untuk membuka aplikasi kamera, senter, Voice Memos, tombol haptic feedback untuk aplikasi yang mengandalkan Dynamic Island, dan masih banyak lagi. 

Pada sektor hardware, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max kompak ditenagai dengan chip terbaru Apple A17 Pro (3 nanometer). Chip ini sudah dilengkapi dengan pengolah grafis (GPU) yang sudah mendukung fitur kualitas pencahayaan di dalam game yang nyata alias ray tracing (hardware-accelerated).

Baca juga: iPhone 15 dan 15 Plus Resmi, Pakai USB-C dan Dynamic Island

iPhone 15 Pro 

Secara desain, iPhone 15 Pro dibekali dengan layar LTPO Super Retina XDR OLED dengan ukuran 6,1 inci (resolusi 1.179 x 2.556 piksel). Layar ini masih memiliki "poni" lebar alias Dynamic Island yang diwariskan dari generasi iPhone sebelumnya.  

Layar ini mendukung fitur ProMotion dengan refresh rate 120 Hz, HDR10, Dolby Vision, Always-on Display, dan memiliki tingkat kecerahan hingga 2.000 nit.

Untuk ketahanan, layar ini sudah dilapisi dengan kaca yang disebut "Ceramic Shield", sama seperti jajaran iPhone 14 Pro. 

iPhone 15 Pro.Apple iPhone 15 Pro.

Pada aspek fotografi, kamera yang ada di iPhone 15 Pro serupa dengan IPhone 14 Pro. Ada tiga kamera belakang yang ada di ponsel ini, meliputi kamera utama 48 MP (f/1.8), kamera telefoto 12 MP (f/2.8, 3x optical zoom), dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2).

Ketiga kamera ini juga masih disusun secara zig-zag dalam sebuah modul persegi. Di dalam modul ini, terdapat pula sensor LiDAR yang bisa memindai jarak dan obyek 3D yang dibidik kamera.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie yang memiliki resolusi 12 MP (f/1.9), yang ditemani dengan sensor biometrik untuk fitur Face ID.

Meski memiliki resolusi kamera sama, Apple mengeklaim sistem lensa dan kamera di ponsel terbarunya itu kini ditingkatkan dan lebih mumpuni. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com