Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Battery Health iPhone Bisa Naik? Begini Penjelasannya

Kompas.com - 08/09/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Kesehatan baterai atau battery health merupakan salah satu hal yang penting diperhatikan dalam merawat iPhone. Pasalnya, kondisi battery health iPhone bakal menentukkan kemampuan baterai perangkat untuk dapat dipakai dalam durasi tertentu.

Sejak sistem operasi iOS 11.3 dirilis (sekitar 2018), terdapat fitur yang memungkinkan pengguna untuk memantau kondisi kesehatan baterai iPhone. Fitur tersebut terletak pada menu pengaturan perangkat di opsi “Kesehatan Baterai”.

Baca juga: Berapa Persen Kesehatan Baterai iPhone yang Baik? Begini Penjelasannya

Di opsi itu, pengguna bisa melihat kondisi battery health iPhone yang diindikasikan dengan persentase dari skala 0-100 persen. Bentuk persentase kondisi battery health iPhone itu mirip dengan persentase daya di bar status baterai.

Meski bentuknya mirip, persentase kondisi battery health iPhone sejatinya berbeda dengan persentase daya di bar status baterai. Bila di bar status baterai, persentase daya bisa naik ketika terdapat aktivitas pengisian daya iPhone.

Lantas, apakah battery health iPhone bisa naik, layaknya persentase daya di bar status baterai? Lantaran punya bentuk yang mirip, pengguna bisa jadi mengira persentase battery health iPhone mirip dengan persentase di bar status baterai, yang dapat bertambah.

Akan tetapi, persentase battery health iPhone sejatinya bukan untuk menunjukkan daya yang terisi di iPhone. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai apakah battery health iPhone bisa naik atau tidak.

Apakah battery health iPhone bisa naik?

Persentase battery health iPhone pada dasarnya tidak bisa naik seperti persentase daya di bar status baterai. Perlu diketahui, kesehatan baterai iPhone adalah durasi baterai dapat dipakai dalam waktu tertentu.

Battery health iPhone juga bisa dipahami sebagai kemampuan baterai dalam menyimpan daya sebelum habis dan perlu dicas kembali. Seperti yang sempat disebut di atas, kemampuan tersebut diindikasikan dengan persentase dari skala 0-100 persen.

Persentase 0-100 persen pada battery health iPhone berbeda dengan persentase daya di bar status baterai. Persentase itu untuk menunjukkan kemampuan baterai dalam menyimpan daya, bukan untuk menunjukkan daya yang terisi di iPhone.

Baca juga: 7 Cara Cas iPhone yang Benar biar Battery Health Tak Turun Drastis

Bila persentase battery health masih tinggi maka iPhone dapat dipakai dalam waktu yang optimal. Sebaliknya, jika kesehatan baterainya sudah menurun, iPhone bakal lebih cepat kehabisan daya dari waktu idealnya. Bahkan, iPhone bisa mati secara tiba-tiba.

Berbeda dengan persentase daya di status bar baterai, persentase kesehatan baterai iPhone itu bakal menurun, tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk menaikkannya. Dikutip dari laman resmi Apple, baterai iPhone merupakan perangkat habis pakai.

Kesehatan baterai iPhone secara alamiah bakal menurun seiring dengan lama pemakaian. Kandungan kimia yang ada di dalam baterai bisa aus dari waktu ke waktu selama masa pemakaian iPhone, sehingga bisa mempengaruhi kemampuan dalam menyimpan daya.

Selain bakal menurun secara alamiah, battery health iPhone juga bisa menurun secara drastis. Penurunan kesehatan baterai iPhone secara drastis itu bisa disebabkan karena terdapat kesalahan dalam perawatan.

Beberapa kesalahan perawatan yang bisa membuat battery health iPhone turun drastis itu, misalnya, melakukan pengisian daya sembari menggunakan iPhone, membiarkan iPhone terpapar suhu panas berlebih, dan tidak menggunakan cas asli.

Penjelasan yang lebih lengkap mengenai penyebab battery health iPhone menurun secara drastis itu bisa dibaca di artikel ini “Penyebab Battery Health iPhone Turun Drastis, Perhatikan agar Baterai Awet”.

Penurunan battery health iPhone secara drastis pada dasarnya perlu dihindari agar baterai awet dan tak perlu menggantinya dalam waktu dekat.

Untuk menjaga battery health iPhone, caranya bukan dengan dinaikkan karena kembali lagi, konsepnya adalah battery health iPhone itu tidak bisa naik dan bakal turun terus. Alhasil, cara menjaga battery health adalah dengan membuatnya tak turun secara cepat.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan agar battery health iPhone tak turun drastis. Misalnya, menghindari melakukan pengisian daya sembari memakai iPhone, menghindarkan iPhone dari suhu panas berlebih, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Hal yang Harus Dihindari agar Battery Health iPhone Tak Turun Drastis, Perhatikan

Penjelasan yang lebih lengkap mengenai cara menjaga battery health agar tak turun drastis bisa dibaca melalui artikel ini “8 Cara agar Battery Health iPhone Tak Turun Drastis”. Itulah penjelasan mengenai battery health iPhone, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com