Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roblox Hadir di PS4 dan PS5 10 Oktober, Ada Fitur Cross-Platform

Kompas.com - 15/09/2023, 13:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa hari lalu, pembuat game simulasi membangun dunia virtual Roblox, yaitu Roblox Corporation mengatakan bahwa game tersebut akan tersedia di konsol PlayStation 4 (PS4) dan PlayStation 5 (PS5) bulan depan (Oktober 2023). 

Kala itu, tanggal peluncuran game ini di PS4 dan PS5 masih misterius. Namun kini, lewat ajang pesta pengumuman game konsol PlayStation "State of Play", Roblox Corporation mengumbar tanggal rilis game yang meluncur pada 1 September 2006 lalu tersebut.

Berdasarakan pengumuman yang diunggah di blog resmi PlayStation, Roblox akan dirilis di PS4 dan PS5 pada 10 Oktober 2023 mendatang. Di hari perilisannya, Roblox juga sudah dilengkapi dengan fitur cross-platform.  

Baca juga: Roblox Bakal Bisa Dimainkan Langsung dengan Headset VR Facebook

Artinya, pemain bisa melanjutkan progres game Roblox mereka yang sebelumnya dimainkan di smartphone atau PC, agar bisa kembali dimainkan atau dilanjutkan di PS4 atau PS5.

Selain itu, berkat fitur cross-platform, pengguna juga tentunya bisa bermain bersama teman atau pengguna lainnya di platform dan konsol berbeda, mulai dari pemain di Windows PC, iOS, Android, Xbox One, hingga kacamata virtual reality (VR) Meta Quest secara online

Di samping fitur cross-platform, Roblox Corporation juga mengatakan game bikinannya ini tidak memiliki pemangkasan fitur di PS4 dan PS5, dan akan bisa dimainkan dengan fitur yang sama seperti game Roblox di platform lainnya.

Dengan kata lain, pengguna bisa langsung bermain dengan sekitar 66 juta pengguna aktif harian (daily active user/DAU) Roblox lainnya pada tanggal 10 Oktober 2023 nanti, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BlogPlayStation, Jumat (15/9/2023).

Kapan hadir di Nintendo Switch?

Roblox GameTech Crunch Roblox Game

Seperti disebutkan di atas, Roblox bisa dimainkan di beberapa platform seperti PC, iOS, Android, Xbox One, Meta Quest, dan terbaru PS4 dan PS5. Lantas, bagaimana dengan konsol Nintendo Switch?

Baca juga: Roblox Makin Ketat, Pengguna Remaja Wajib Selfie dengan SIM

Juru bicara Roblox Corporation, Roman Skuratovskiy sebelumnya sempat mengatakan bahwa pihaknya saat ini belum memiliki informasi terkait tanggal peluncuran Roblox di konsol buatan Nintendo tersebut.

Namun, ia menyebut bahwa pihaknya ingin Roblox ada di semua platform, sehingga game ini kemungkinan akan hadir di Nintendo Switch dalam beberapa waktu ke depan, hanya saja tanggal atau bulannya masih misterius.

"Saat ini, kami tidak ada rencana untuk menghadirkan Roblox di Nintendo Switch dalam waktu dekat," ujar Roman beberapa waktu lalu.

"Meski demikian, kami ingin game ini ada di berbagai platform yang tersedia saat ini. Mohon ditunggu, karena hal tersebut akan terwujud dalam beberapa waktu ke depan," pungkas Roman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com