Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Karyawan Roblox Diwawancara di Dalam Game

Kompas.com - 29/08/2023, 15:35 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber PCGamer

KOMPAS.com - Meeting virtual lewat video conference kini sudah menjadi hal biasa, termasuk untuk keperluan wawancara calon karyawan baru. Perusahaan game populer Roblox ingin melangkah lebih jauh dengan melakukan wawancara kerja di dalam game.

Tepatnya, di sebuah tempat virtual bernama Roblox Career Center yang baru saja diperkenalkan awal Agustus lalu. Bentuknya berupa sebuah kompleks gedung virtual di mana pengunjungnya datang sebagai karakter game, seperti dalam Roblox saja.

Di sini, para calon karyawan bakal bertemu dan berinteraksi dengan perekrut yang sama-sama berupa avatar game. Konsepnya mirip dengan metaverse yang didengungkan oleh Facebook dan kawan-kawan.

Baca juga: Roblox Bakal Bisa Dimainkan Langsung dengan Headset VR Facebook

Dalam sebuah posting blog, Senior Director Early Career Talent Roblox Ryan Fitzpatrick mengatakan proses rekrutmen virtual ini dimaksudkan bagi calon karyawan junior yang baru akan memulai karirnya.

"Banyak dari mereka sudah familiar dengan platform kami karena bermain Roblox. Kami pikir ini adalah cara yang bagus untuk menunjukkan platform Roblox dan membantu para kandidat memvisualisasikan diri mereka bekerja di sini," ujar Fitzpatrick.

Di dalam Roblox Career Center terdapat berbagai fasilitas untuk membantu persiapan para calon karyawan, seperti perpustakaan virtual berisi materi-materi bacaan terkait perusahaan Roblox dan Podcast oleh pendiri dan CEO Roblox, Dave Baszucki.

Baca juga: Tidak Ada Game Roblox di PlayStation, Ini Alasan Sony

Ada juga ruang khusus untuk penilaian kinerja problem solving, lengkap dengan latihannya agar para pelamar kerja dapat mengetahui apa saja yang akan dilakukan dalam proses interview.

Dihimpun KompasTekno dari PC gamer, Selasa (29/8/2023), untuk saat ini Roblox masih belum melakukan interview secara langsung di pusat karir virtual. Namun, mereka berjanji akan mulai melakukannya dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com