Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Hunting" Foto Malam dengan Galaxy Z Fold 5, Hasil Gambar Tajam dan Setara S23 Ultra

Kompas.com - 18/09/2023, 14:02 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Galaxy Z Fold 5 merupakan salah satu ponsel lipat terbaru Samsung yang dipasarkan di Indonesia, selain Galaxy Z Flip 5.

Ponsel ini dibekali dengan fitur fotografi mode malam khas Samsung, yaitu Nightography yang diklaim memiliki hasil foto setara dengan Galaxy S23 Ultra (200 MP, f/1.7), meski kamera utamanya "hanya" 50 MP (f/1.8).

Selain kamera utama, ponsel lipat ini juga dibekali dengan kamera telefoto 10 MP (f/2.4, 3x optical zoom) dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), serta kamera 4 MP (f/1.8) di layar utama dan kamera 10 MP (f/2.2) di layar sekunder.

Untuk membuktikan bagaimana hasil foto malam Galaxy Z Fold 5 secara langsung, KompasTekno membawanya untuk memotret suatu kafe populer yang cukup estetik di daerah Kota Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga: Yura Yunita Kepincut Samsung Z Fold 5, Gara-gara Try Galaxy di HP Lama

Kafe ini bisa dibilang cukup bagus untuk menampilkan kemampuan kamera malam hari sebuah smartphone, lantaran memiliki suasana gelap yang ditemani dengan lampu-lampu dan berbagai bangunan ciamik.

Mode Night di aplikasi kamera Galaxy Z Fold 5.KOMPAS.com/Bill Clinten Mode Night di aplikasi kamera Galaxy Z Fold 5.

Perlu dicatat, kami hanya akan fokus di hasil foto kamera utama Galaxy Z Fold 5 (50 MP, f/1.8) saja, dan semua foto kami ambil menggunakan mode "Night" yang ada di aplikasi kamera.

Sebab, kamera dan mode ini bisa dibilang akan sering dipakai pengguna di kegiatan pemotretan sehari-hari.

Sesekali, kami meletakkan Galaxy Z Fold 5 dalam keadaan setengah dilipat di suatu permukaan datar, sehingga ponsel akan tetap stabil ketika mengambil foto.

Seperti diketahui, foto mode malam biasanya memang rentan memiliki hasil jelek jika ponsel tidak stabil. Apabila pengguna bisa memegang perangkat dengan baik, maka hasil foto malam akan terlihat cantik. 

Tak kalah dengan Galaxy S23 Ultra

Hasil foto Nightography Samsung Galaxy Z Fold 5. Dalam foto ini, berbagai obyek di dalam foto seperti bangunan berbentuk segitiga, kursi, hingga meja masih bisa ditampilkan dengan cukup tajam, detail, serta memiliki warna yang tidak berlebihan dan menyerupai aslinya. KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto Nightography Samsung Galaxy Z Fold 5. Dalam foto ini, berbagai obyek di dalam foto seperti bangunan berbentuk segitiga, kursi, hingga meja masih bisa ditampilkan dengan cukup tajam, detail, serta memiliki warna yang tidak berlebihan dan menyerupai aslinya.

Secara garis besar, hasil foto mode malam alias Nightography di Galaxy Z Fold 5 bisa dibilang nyaris setara dengan Galaxy S23 Ultra.

Memang ponsel ini tak dibekali dengan kamera utama 200 MP (f/1.7) dan kamera telefoto "periskop" 10 MP (f/4.9) untuk memotret bulan, seperti yang ada di Samsung S23 Ultra. Namun, ponsel ini bisa dibilang cukup bisa diandalkan untuk kegiatan memotret sehari-hari di kondisi minim cahaya. 

Dalam hasil foto di atas, misalnya, berbagai obyek di dalam foto seperti bangunan berbentuk segitiga, kursi, hingga meja masih bisa ditampilkan dengan cukup tajam, detail, serta memiliki warna yang tidak berlebihan dan menyerupai aslinya. 

Hal ini membuat hasil foto malam seakan lebih "hidup" di lingkungan minim cahaya. Selain itu, gambar juga minim noise.

Baca juga: Samsung Z Fold 5 Diuji 3 Game Berat: Rata Kanan Lancar, Adem, dan Tablet Lewat

Hasil foto Nightography Samsung Galaxy Z Fold 5. Dalam foto ini, obyek kursi dan meja tampak bisa menampilkan bayangan dengan cukup baik.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto Nightography Samsung Galaxy Z Fold 5. Dalam foto ini, obyek kursi dan meja tampak bisa menampilkan bayangan dengan cukup baik.

Bayangan obyek yang ditampilkan juga masih terlihat dengan jelas dan tajam untuk hasil foto Nightography Galaxy Z Fold 5, seperti bisa dilihat pada gambar di atas. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com