Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2023, 18:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa pengetahuan dasar yang perlu diketahui pengguna dalam mengoperasikan mesin pencari Google. Salah satunya seperti mengetahui cara menghapus riwayat pencarian di Google.

Untuk diketahui, history atau riwayat pencarian di Google itu berbeda dengan riwayat pencarian (browsing) di aplikasi browser. Riwayat pencarian di Google berisi jejak aktivitas pencarian pengguna yang dilakukan di Google Search.

Baca juga: 2 Cara Upload Video ke Google Drive dengan Mudah

Riwayat pencarian di Google tersimpan dalam akun Google. Sementara itu, isi riwayat browser adalah semua jejak aktivitas penelusuran pengguna pada browser. History browsing tersimpan di aplikasi browser pada perangkat.

Dengan demikian, saat pengguna melakukan pencarian di Google Search atau Google.com, semua riwayat penelusurannya akan tersimpan dalam dua wadah sekaligus, yaitu akun Google dan aplikasi browser.

Menghapus riwayat browsing di browser tidak serta merta membersihkan riwayat pencarian Google yang tersimpan di akun Google. Untuk menghapus riwayat pencarian Google, caranya bukan dengan menghapus riwayat browsing di aplikasi browser.

Lantas, bagaimana cara menghapus riwayat pencarian di Google? Artikel ini bakal menjelaskan cara menghapus riwayat pencarian di Google secara lengkap. Untuk mengetahuinya, silakan baca penjelasan di bawah ini.

Cara menghapus riwayat pencarian di Google

Secara umum, terdapat dua cara menghapus riwayat pencarian di Google, yakni melalui HP dan laptop. Untuk menghapus history Google lewat HP atau laptop, caranya hampir mirip.

Adapun penjelasan mengenai cara menghapus riwayat pencarian di Google lewat HP dan laptop adalah sebagai berikut.

1. Menghapus riwayat pencarian Google lewat HP

  • Buka Google Search atau Google.com lewat aplikasi browser di HP.
  • Setelah terbuka, pastikan telah login akun Google pada website Google.com.
  • Jika sudah login, pada bagian paling bawah di halaman awal Google.com, silakan klik menu “Setelan” dan klik opsi “Histori Penelusuran”.
  • Kemudian, pengguna bakal disajikan dengan daftar semua riwayat penelusuran di Google.
  • Pada daftar itu, pengguna juga bakal disajikan dengan tiga opsi rentang waktu penghapusan history Google, yaitu menghapus riwayat di hari ini saja, di rentang waktu tertentu, atau di semua waktu.
  • Pilih salah satu opsi untuk menghapus riwayat pencarian Google dengan rentang waktu sesuai kebutuhan.
  • Pada daftar riwayat pencarian Google, pengguna juga bisa mengaktifkan fitur hapus otomatis. Pengguna dapat mengatur untuk menghapus secara otomatis riwayat pencarian yang sudah tersimpan lebih selama tiga bulan, 18 bulan, atau 36 bulan.

Ilustrasi cara menghapus riwayat pencarian di Google lewat HP.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menghapus riwayat pencarian di Google lewat HP.

Baca juga: Cara Menjawab Soal Matematika dengan Google, Mudah Tinggal Foto

2. Menghapus riwayat pencarian Google lewat laptop

  • Buka website Google.com melalui browser di laptop.
  • Pastikan telah login akun Google di website Google.com.
  • Jika sudah login akun, silakan klik menu “Setelan” yang berada di bagian bawah halaman awal Google.com.
  • Kemudian, klik opsi “Histori Penelusuran” dan pengguna bakal dibawa ke halaman khusus yang berisi daftar semua historyGoogle yang tersimpan di akun Google terkait.
    Ilustrasi cara menghapus riwayat pencarian di Google lewat laptop.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menghapus riwayat pencarian di Google lewat laptop.
  • Pada halaman ini, klik opsi “Hapus”.
  • Dalam menghapus history Google, terdapat tiga opsi penghapusan berdasarkan rentang waktu yang bisa dipilih, yaitu menghapus riwayat di hari ini saja, di rentang waktu tertentu, atau di semua waktu.
  • Pilih opsi untuk menghapus riwayat pencarian Google dalam rentang waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan.
  • Di halaman riwayat aktivitas pencarian Google ini, pengguna juga bisa mengaktifkan fitur hapus otomatis. Pengguna dapat mengatur untuk menghapus secara otomatis riwayat aktivitas yang sudah lebih dari tiga bulan, 18 bulan, atau 36 bulan.
    Ilustrasi cara menghapus riwayat pencarian Google di laptop.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menghapus riwayat pencarian Google di laptop.

Cukup mudah bukan cara menghapus riwayat pencarian di Google lewat HP atau laptop? Cara di atas berguna ketika pengguna ingin membersihkan riwayat aktivitas pencarian yang telah menumpuk di akun Google.

Baca juga: 15 Trik Rahasia Google yang Jarang Diketahui, Bisa Muncul Game dan Animasi Unik

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghapus riwayat pencarian di Google lewat HP dan laptop dengan mudah, semoga bermanfaat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com