Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update "Valorant" 7.06 Bikin Push Rank Makin Lancar

Kompas.com - 20/09/2023, 14:50 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Valorant

KOMPAS.com - Riot Games merilis pembaruan (update) patch 7.06 untuk game shooter besutannya, "Valorant", Selasa (19/9/2023). Update ini memperkenalkan peraturan baru dalam mode kompetitif guna mencegah "smurfing".

Mulai dari patch 7.06, pemain dengan rank "Ascendant" (rank tertinggi ketiga di "Valorant") dan lebih tinggi, hanya bisa mengajak pemain dengan rank "Platinum" (rank tertinggi kelima) dan lebih tinggi ke dalam party mode kompetitif.

Hal ini berbeda dengan mekanisme sebelumnya, yang memungkinkan pemain rank Ascendant, untuk bermain bersama teman dengan rank di bawah Platinum.

Dengan mekanisme lawas ini, pemain dengan rank tinggi bisa bermain di lobi rank rendah (smurfing), sedangkan temannya dengan rank yang rendah akan dibantu (boosting) untuk naik rank.

Baca juga: Apa itu Bug Cypher yang Bikin Indonesia Walk Out di Final SEA Games Valorant

Jadi, fenomena "smurfing" tentu menyulitkan pemain rank bawah lainnya yang ingin "push" rank.

Nah selain peraturan baru untuk mode kompetitif, patch 7.06 juga membawa konten baru lainnya, seperti dialog baru untuk karakter (Agent) Sage. Kini, Sage memiliki banyak dialog ketika bertemu dengan agen lainnya, termasuk Jett, Deadlock, Chamber, Astra, dan lain-lain.

Salah satunya merupakan referensi dari meme populer "Valorant", di mana pemain asal Filipina dengan handle Finest menyuruh karakter Jett, untuk menghidupkan (revive) karakternya. Padahal, kemampuan (skill) revive seperti itu hanya dimiliki oleh Sage.

Masih soal karakter, update kali ini tidak menghadirkan peningkatan kemampuan (buff) atau pengurangan kemampuan (nerf) karakter. Sebagai perbandingan, patch sebelumnya alias 7.05 hanya memberikan buff untuk agen Astra.

Berikutnya, Riot Games memperbarui "Combat Reports" agar menunjukkan informasi yang lebih akurat. Combat Reports sendiri adalah jendela pop-up yang muncul di sebelah kanan game, setelah pemain tereliminasi.

Baca juga: Diwarnai Drama, Indonesia dan Singapura Berbagi Medali Emas dari Valorant di SEA Games 2023

Jendela ini memuat nama musuh yang mengeliminasi pemain, dan jumlah damage yang sudah dihasilkan pemain kepada tim musuh.

Selanjutnya, ada tiga perbaikan celah kerusakan (bug) terbaru. Pertama, posisi pemain kini tidak akan terungkap secara tidak sengaja, setelah membeli senjata.

Lalu, penonton sebuah match (observer) yang menggunakan "Minimal HUD", tidak lagi kesulitan dalam melihat bar untuk memasang bomb (Spike) dan untuk melakukan defuse.

Terakhir, minimap di peta baru Sunset diperbaiki, agar tidak berkedip saat ronde baru dimulai, sebagaimana dikutip KompasTekno dari situs resmi Valorant, Rabu (20/9/2023).

Selengkapnya, pengguna bisa menyimak pembaruan patch 7.06 lewat tautan berikut ini.

Untuk menikmati update ini, pastikan pemain sudah mengunduh versi terbaru "Valorant" lewat launcher yang sudah disediakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com