Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MacOS Sonoma Bisa Diunduh Hari Ini, Begini Cara Update dan Daftar Mac yang Kebagian

Kompas.com - 27/09/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sistem operasi terbaru untuk perangkat Mac (komputer atau laptop Apple), MacOS Sonoma resmi dirilis pada 26 September 2023 dan hari ini, Rabu (27/9/2023), sudah bisa diunduh oleh pengguna di Indonesia.

Jika ingin menjajal MacOS Sonoma, pengguna bisa melalukan update sistem operasi di Mac. Lantas, bagaimana cara update MacOS Sonoma di Mac? Bila tertarik mencobanya, berikut adalah penjelasan cara update MacOS Sonoma di Mac.

Baca juga: Cara Video Call Grup di Aplikasi WhatsApp Khusus Mac hingga 8 Orang Sekaligus

Cara update MacOS Sonoma di Mac

Untuk update MacOS generasi 14 ini, caranya cukup mudah. Cara update MacOS Sonoma di Mac bisa dilakukan langsung lewat menu “System Preferences”. Adapun cara update MacOS Sonoma di Mac yang lebih jelas adalah sebagai berikut:

  • Klik ikon Apple yang berada di pojok kiri atas layar utama Mac.
  • Kemudian, pilih menu “System Preferences”.
  • Pada menu tersebut, pilih opsi “Software Update”.
  • Berikutnya, file MacOS Sonoma bakal otomatis muncul.
  • Untuk mulai proses updateMacOS Sonoma, klik opsi “Upgrade Now”.
    Ilustrasi cara update MacOS Sonoma di Mac.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara update MacOS Sonoma di Mac.
  • Mac bakal download MacOS Sonoma dan memulai proses instalasi.
  • Saat proses download dan instal MacOS Sonoma, pastikan Mac terhubung dengan jaringan internet yang memadai dan memiliki daya yang cukup (bila perlu hubungan Mac dengan pengisi daya).
  • Saat proses instal, Mac bakal dimuat ulang. Tunggu proses instal MacOS Sonoma hingga selesai dan Mac masuk ke layar “Home”.
  • Kini, Mac berhasil update MacOS Sonoma.

Itulah cara update MacOS Sonoma di Mac, cukup mudah bukan? Kedatangan MacOS Sonoma ini bisa menjadi kabar yang membahagiakan sekaligus menyedihkan bagi pengguna. Pasalnya, tidak semua Mac bisa update MacOS Sonoma.

Seperti kehadiran generasi MacOS sebelum-sebelumnya, setiap MacOS generasi terbaru dirilis, hanya beberapa Mac yang bisa update. Lantas, apa saja Mac yang bisa update MacOS Sonoma atau MacOS 14 ini?

Daftar Mac yang bisa update MacOS Sonoma

Untuk diketahui, desktop Mac itu terdiri dari berbagai macam, seperti komputer iMac, laptop Macbook, komputer portabel Mac Mini dan Mac Studio, serta workstation Mac Pro. Tiap jenis desktop Mac itu punya beberapa seri berdasarkan tahun keluarnya.

MacOS Sonoma hanya bisa di-update pada sebagian seri di tiap jenis desktop Mac tersebut. Adapun daftar Mac yang bisa update Sonoma adalah sebagai berikut:

  • Mac Studio 2022 dan yang lebih baru
  • iMac 2019 dan yang lebih baru
  • Mac Pro 2019 dan yang lebih baru
  • Mac Mini 2018 dan yang lebih baru
  • Macbook Pro 2018 dan yang lebih baru
  • Macbook Air 2018 dan yang lebih baru
  • iMac Pro 2017

Itulah daftar Mac yang bisa update MacOS Sonoma. Jika menggunakan Mac yang tertera pada daftar di atas, pengguna sekarang bisa langsung download MacOS Sonoma dan menginstalnya di Mac.

Fitur MacOS Sonoma

Seperti kehadiran MacOS di generasi-generasi sebelumnya, MacOS Sonoma juga membawa sejumlah fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Adapun daftar fitur MacOS Sonoma adalah sebagai berikut.

1. Widget

MacOS Sonoma (MacOS 14) mendukung widget di layar, serta membawa fitur video conference baru.Apple MacOS Sonoma (MacOS 14) mendukung widget di layar, serta membawa fitur video conference baru.

Dengan MacOS Sonoma, pengguna bisa menambahkan widget ke halaman muka komputer Mac. Yang menarik, pengguna bisa menggunakan fitur "Continuity" untuk mengimpor deretan widget yang ada di iPhone langsung ke laptop pengguna.

Baca juga: Komputer Mac Dikenal Lebih Aman dari PC, Sekarang Masihkah Demikian?

2. Presenter Overlay

Fitur baru Presenter Overlay. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan sosok pengguna ditampilkan seperti berada di depan materi presentasi.Apple Fitur baru Presenter Overlay. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan sosok pengguna ditampilkan seperti berada di depan materi presentasi.

Fitur MacOS Sonoma yang kedua adalah Presenter Overlay. Fitur ini menjadi bagian dari peningkatan fitur panggilan video di Mac. Presenter Overlay memungkinkan sosok pengguna ditampilkan seperti berada di depan materi presentasi.

3. Game Mode

Mode Game di MacOS Sonoma mendukung kontroller PS5 dan AirPod.Apple Mode Game di MacOS Sonoma mendukung kontroller PS5 dan AirPod.

MacOS Sonoma memiliki fitur yang mendukung main game di Mac, yakni Game Mode. Fitur ini dapat mengoptimalkan kinerja hardware komputer dengan mengalokasikan sumber daya CPU dan GPU maksimum untuk game yang dimainkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com