Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Mengetahui Nomor WhatsApp Kita Diblokir Seseorang dengan Mudah

Kompas.com - 01/10/2023, 18:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna dalam kondisi tertentu mungkin ingin mengetahui apakah nomor WhatsApp (WA) miliknya diblokir oleh orang lain, seperti teman, sahabat, pacar, dan lainnya. Lantas, bagaimana cara mengetahui nomor WA kita diblokir?

Cara mengetahui WA diblokir biasanya dibutuhkan ketika ingin memastikan apakah nomor WhatsApp kita diblokir atau tidak oleh orang lain. Pasalnya, saat diblokir, kita jadi tidak bisa sama sekali menghubungi orang tersebut di WA.

Baca juga: Cara Membuat Video Bulat di WhatsApp untuk Kirim Chat dalam Bentuk Video

WhatsApp punya fitur blokir kontak atau blokir nomor. Fitur blokir nomor WhatsApp memiliki fungsi untuk membatasi interaksi dari seseorang yang dirasa mengganggu. Namun, nomor WA yang telah diblokir hanya bisa diketahui oleh orang yang memblokirnya.

Untuk menjaga privasi pengguna, WhatsApp tidak akan mengirim notifikasi bahwa nomor kita telah diblokir oleh orang lain. Meski tak ada pemberitahuan, sejatinya terdapat cara mengetahui apakah WA kita diblokir atau tidak oleh orang tersebut.

Bila hendak memastikan apakah nomor WA kita diblokir oleh orang lain atau tidak, untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengetahui WA diblokir oleh seseorang.

Ciri-ciri nomor WA kita diblokir

Untuk mengetahui apakah nomor WA kita diblokir seseorang atau tidak, terdapat beberapa ciri atau tanda yang bisa digunakan. Salah satu ciri-ciri WA diblokir adalah chat yang kita kirim ke kontak cuma bertanda centang satu alias tidak terkirim.

Lebih lengkapnya, berikut adalah daftar ciri-ciri nomor WA kita diblokir oleh seseorang secara umum:

  • Chat cuma centang satu
  • Foto profil kosong
  • Tidak bisa melakukan panggilan telepon
  • Tidak bisa melihat status “Last Seen” dan “Online”
  • Tidak bisa mengundang ke grup WA
  • Tidak bisa melihat status WA

Itulah beberapa ciri-ciri atau tanda WA diblokir oleh orang lain. Berdasarkan tanda tersebut, adapun cara mengetahui WA diblokir oleh orang lain adalah sebagai berikut.

Cara mengetahui WA diblokir oleh orang lain

1. Cek tanda centang saat kirim chat

Cara mengetahui apakah WA kita diblokir orang lain dengan memeriksa tanda cetang pada chat yang terkirim padanya. KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara mengetahui apakah WA kita diblokir orang lain dengan memeriksa tanda cetang pada chat yang terkirim padanya.

Cara mengetahui apakah WA kita diblokir atau tidak yang pertama adalah dengan memeriksa tanda centang saat mengirim chat ke kontak yang terindikasi telah memblokir nomor kita.

Jika chat terkirim, tetapi cuma bertanda centang satu, kemungkinan besar kita telah diblokir oleh orang atau kontak tersebut. Chat dengan tanda centang satu mengindikasikan chat tersebut tidak masuk alias tidak terkirim.

2. Cek foto profil kontak yang terindikasi memblokir kita

Cara mengetahui apakah WA kita diblokir dengan memeriksa foto profil kontak yang terindikasi memblokir. KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara mengetahui apakah WA kita diblokir dengan memeriksa foto profil kontak yang terindikasi memblokir.

Kedua, cara mengetahui WA diblokir juga bisa dilakukan dengan memeriksa foto profil kontak yang terindikasi memblokir kita.

Bila sebelumnya orang itu memasang foto profil dan bisa dilihat, tetapi mendadak hilang dan kosong jadi cuma tampil gambar siluet orang berlatar abu-abu, kemungkinan besar nomor WA kita telah diblokirnya.

3. Lakukan panggilan telepon ke kontak yang terindikasi memblokir kita

Cara mengetahui WA diblokir seseorang dengan mencoba melakukan panggilan telepon kepadanya.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara mengetahui WA diblokir seseorang dengan mencoba melakukan panggilan telepon kepadanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com