Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Kemampuan Chip Mediatek Dimensity 8200 Ultra di Xiaomi 13T

Kompas.com - 03/10/2023, 19:10 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Xiaomi 13T ditenagai dengan System-on-Chip (SoC) Mediatek Dimensity 8200 Ultra. Apabila dibandingkan dengan Dimensity 8200 versi "reguler" yang tak memiliki embel-embel "Ultra", chipset ini diklaim lebih mumpuni.

Sebab, Dimensity 8200 Ultra merupakan chipset hasil kerja sama antara Mediatek dan Xiaomi. Dengan kolaborasi ini, Xiaomi bisa mengotak-atik dan meningkatkan performa chipset model Ultra tersebut supaya bisa meningkatkan fitur pencitraan di Xiaomi 13T.

"Di Dimensity 8200 Ultra, kami memiliki akses untuk sedikit memodifikasi chipset-nya dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Xiaomi, mulai dari tingkat akurasi warna, hasil gambar, video, serta performa chipset tersebut agar bisa berjalan optimal di perangkat Xiaomi, terutama Xiaomi 13T," ujar Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia, Calvin Nobel di sela peluncuran Xiaomi 13T di Ciputra Art Gallery, Jakarta Selatan, Selasa (3/10/2023).

Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia, Calvin Nobel mengumbar fitur di acara peluncuran Xiaomi 13T di Ciputra Art Gallery, Jakarta Selatan, Selasa (3/10/2023).KOMPAS.com/Bill Clinten Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia, Calvin Nobel mengumbar fitur di acara peluncuran Xiaomi 13T di Ciputra Art Gallery, Jakarta Selatan, Selasa (3/10/2023).

Nobel melanjutkan, berkat Dimensity 8200 Ultra, Xiaomi bisa menghadirkan beragam fitur fotografi mumpuni di Xiaomi 13T. Salah satunya adalah teknologi kamera Leica dengan sistem optik Leica Summicron Lens, untuk membuat tone warna foto layaknya diambil menggunakan kamera Leica.

Baca juga: Xiaomi 13T Punya Mode Leica Authentic dan Leica Vibrant, Apa Itu?

Ada pula dua mode Leica yang ada di aplikasi kamera Xiaomi 13T, yaitu Leica Authentic yang bisa menghasilkan foto dengan warna otentik, klasik, dan natural khas kamera bermerek Leica.

Kemudian, ada pula mode Leica Vibrant yang bisa meningkatkan tingkat ketajaman warna pada foto yang diambil.

Berkat Dimensity 8200 Ultra, Xiaomi 13T juga bisa menghadirkan software atau algoritma pencitraan baru yang diberi nama Xiaomi Imagine Engine. Dengan algoritma ini, Xiaomi 13T disebut bisa memproses foto lebih cepat di berbagai kondisi, bisa mengunci fokus obyek lebih cepat, dan bisa lebih stabil ketika dipakai untuk mengambil gambar.

"Selain itu, kami juga bisa menghadirkan fitur yang biasa ada di ponsel flagship Xiaomi di Xiaomi 13T, yaitu Xiaomi ProFocus. Dengan fitur ini, kita bisa mengambil gambar dengan mudah dengan detail yang tajam, meski objek yang ingin kita potret aktif bergerak," imbuh Calvin.

Baca juga: Xiaomi 13T dengan Kamera Leica Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Menyoal kamera, Xiaomi 13T dibekali dengan total empat sensor yang terdiri dari tiga kamera belakang berteknologi Leica dan satu kamera depan.

Ketiga kamera belakang ini meliputi kamera utama 50 MP (f/1.9, Sony IMX707, OIS), kamera telefoto 50 MP (f/1.9, 2x optical zoom), dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2). Sementara untuk kamera depan memiliki resolusi 20 MP (f/2.2)

Di Indonesia, Xiaomi 13T tersedia dalam varian warna Alpine Blue, Meadow Green, dan Black. Harga Xiaomi 13T di Indonesia adalah Rp 6,5 juta (RAM 12 GB/256 GB) dan bisa didapatkan mulai 6 Oktober 2023 mendatang, tepat pukul 10.00 WIB, di sejumlah marketplace mitra Xiaomi di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com