Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Layar Xiaomi 13T di Cuaca Terik, Tembus 2.600 Nit dan Teks-Warna Tetap Jelas

Kompas.com - 30/09/2023, 12:08 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

BERLIN, KOMPAS.com - Xiaomi 13T memiliki satu fitur yang diwariskan dari Xiaomi 13 Ultra, yaitu tingkat kecerahan (brightness) layar yang bisa ditingkatkan hingga angka maksimal 2.600 nit.

Pada produk generasi sebelumnya, yaitu Xiaomi 12T, layar ponsel tersebut hanya mentok di angka maksimal 900 nit. Dengan begitu, peningkatan brightness di layar Xiaomi 13T mencapai nyaris tiga kali lipat layar Xiaomi 12T.

Nah, dalam hasil uji coba KompasTekno, layar ponsel tersebut memang sangat terang. Ketika kami jalan-jalan di Berlin, Jerman pada siang hari yang cukup terik, ikon serta konten-konten yang ditampilkan layar masih bisa dilihat dengan sangat jelas.

Pada ilustrasi gambar di bawah, misalnya, kami bisa membaca artikel-artikel yang ada di situs web tanpa ada hambatan atau kesulitan membaca.

Selain itu, teks dan warna di dalam layar Xiaomi 13T juga bisa dilihat dengan jelas, lantaran layar ponsel tersebut memiliki tingkat kecerahan yang cukup tinggi, yaitu mencapai 2.600 nit tadi. 

Baca juga: Kota Berlin dalam Bidikan Xiaomi 13T, Kamera Leica Bikin Warna Natural

Ilustrasi layar Xiaomi 13T terpapar sinar matahari terik dan dipakai untuk baca artikel.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi layar Xiaomi 13T terpapar sinar matahari terik dan dipakai untuk baca artikel.

Meski demikian, mode brightness 2.600 nit ini tidak bisa dipakai secara manual. Mode ini akan aktif secara otomatis apabila sensor ambient mendeteksi bahwa layar terpapar sinar matahari atau cahaya yang cukup terik.

Untuk level brightness manual, pengguna boleh jadi hanya akan bisa meningkatkan level kecerahan layar dengan angka maksimal sekitar 1.200 nit saja, apabila mengacu pada laman spesifikasi Xiaomi 13T. 

Namun, tingkat kecerahan di angka ini, menurut KompasTekno, sudah sangat cukup untuk membuat layar menjadi terang, dan bahkan bisa membuat mata silau apabila ruangan sekitar sedikit gelap. 

Nah, karena fitur brightness maksimal 2.600 nit ini hanya bisa dinikmati secara otomatis, maka pengguna disarankan untuk mengaktifkan fitur Auto Brightness di Xiaomi 13T. 

Baca juga: Fitur Serba Pertama Xiaomi 13T Series, Tak Cuma Kamera Leica

Fitur ini sebenarnya sudah aktif dari sistem secara bawaan (default). Namun apabila fitur sempat dinonaktifkan, maka pengguna bisa mengaktifkan kembali fitur Auto Brightness dengan cara mengeklik ikon "A" di daftar menu di bilah notifikasi.

Pengguna juga bisa mengakfitkan fitur ini dengan cara pergi ke menu "Settings" > "Display" > dan "Brightness Level". Di laman ini, mereka bisa mengaktifkan fitur "Automatic Brightness" ke status menyala alias "On".

Baca juga: Hands-on Xiaomi 13T Pro di Berlin, Desain Serupa Beda Performa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com