Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Memaksimalkan Promosi untuk Instagram Bisnis

Kompas.com - 08/10/2023, 15:32 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Instagram bisnis memungkinkan pemilik usaha dapat mempromosikan usahanya lebih luas ke berbagai audiens. Adanya Instagram bisnis juga bisa bermanfaat untuk memaksimalkan promosi bisnis atau produk Anda.

Pelanggan juga menjadi lebih leluasa menjangkau produk dan bisnis Anda. Akun Instagram bisnis jug bermanfaat sebagai identitas atau kontak untuk usaha Anda.

Maka dari itu memaksimalkan promosi bisnis di Instagram sangat penting untuk meningkatkan brand awareness sebuah produk.

Lantas bagaimana cara memaksimalkan promosi untuk Instagram bisnis agar menjangkau pelanggan lebih luas dan banyak? Selengkapnya berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba.

Baca juga: Cara Kirim Gift untuk Dukung Kreator Konten Instagram

Buat toko Instagram

Instagram Shopping merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi dan melihat produk-produk yang terpajang di etalase IG Shopping.

Melalui fitur ini bisnis dapat menandai produk mereka dalam postingan dan IG Story sehingga pengguna bisa melihat informasi tentang produk lebih lengkap dan leluasa.

Buat iklan Instagram

Untuk meningkatkan pengunjung akun Instagram, brand awareness, hingga penjualan online, Anda bisa membuat iklan Instagram melalui produk atau konten yang dibuat. Anda bisa membuat iklan Instagram dari Facebook Ads Manager.

  • Buka laman Facebook Ads Manager
  • Pastikan Anda sudah login ke akun Facebook yang sudah terhubung dengan akun Instagram Bisnis
  • Buka menu 'kampanye' dan klik 'buat iklan'
  • Pilih jenis pembuatan iklan, yaitu iklan terpandu atau pembuatan iklan cepat
  • Tentukan target audiens untuk iklan Anda berdasarkan kriteria seperti lokasi, usia, minat, dan perilaku
  • Selanjutnya rincikan anggaran harian untuk total kampanye, jadwal tayangan iklan, dan lainnya
  • Buat isi iklan, masukkan teks, gambar, atau video
  • Tambahkan tautan atau tombol tindakan, misalnya "Pelajari lebih lanjut", "Belanja Sekarang", dan lain sebagainya
  • Pilih lokasi iklan
  • Terakhir, tinjau iklan untuk memastikan seluruhnya sesuai
  • Setelah iklan Anda aktif, Anda dapat memantau kinerjanya melalui Facebook Ads Manager

Memanfaatkan fitur-fitur IG Story untuk promosi

Berbagai fitur-fitur IG Story bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan promosi. Misalnya saja fitur "Countdown" untuk meluncurkan produk atau bisnis terbaru. Selain itu Anda juga bisa menambahkan poling, tautan, atau kuis kecil yang bisa melibatkan interaksi dengan pengguna.

Menjadwalkan postingan konten Instagram

Saat mulai mempromosikan produk-produk di Instagram, umumnya pelaku bisnis akan membuat berbagai konten untuk memaksimalkan brand awareness.

Nah untuk mengoptimalkan postingan konten-konten, Anda bisa menggunakan fitur menjadwalkan konten yang bisa disesuaikan dengan waktu terbaik akun IG Anda.

Bermitra dengan kreator konten atau influencer

Salah satu cara untuk memaksimalkan promosi Instagram Bisnis Anda adalah dengan melakukan kolaborasi dengan kreator atau influencer yang memiliki minat serupa dengan bisnis Anda.

Kolaborasi ini bisa membantu pemilik usaha menjangkau audiens dengan tepat sasaran dan meluas. Tak hanya itu manfaat lain yang bisa didapatkan dengan berkolaborasi adalah bertambahnya pengikut yang bisa menjadi konsumen berpotensial.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Komentar dan Suka di Postingan Instagram

Demikian beberapa tips memaksimalkan promosi Instagram untuk meningkatkan kesadaran merek hingga penjualan online produk Anda. Selamat mencoba.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com