Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi Kualitas Panggilan Telepon Buruk di TWS

Kompas.com - 18/10/2023, 15:21 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - True Wireless Stereo (TWS) tak hanya digunakan untuk mendengarkan musik atau audio. Bagi sebagian pengguna, TWS fleksibel digunakan untuk kebutuhan apa pun.

Salah satunya untuk menelepon. Hal ini karena TWS cukup praktis dan mudah digunakan, sehingga pengguna tak repot dengan kabel yang terhubung.

Kendati demikian perangkat TWS juga tak jarang mengalami berbagai masalah saat digunakan menelepon. Salah satunya kualitas panggilan telepon yang buruk. Mulai dari terputus-putus atau suara yang kurang jernih. 

Kualitas panggilan telepon yang memburuk bisa jadi disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari jarak smartphone dengan TWS yang terlalu jauh, atau kualitas TWS yang memburuk.

Selain mengganti TWS dengan perangkat baru, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan sebelum menggantinya dengan perangkat baru.

Baca juga: Cara Cek Persentase Baterai TWS Galaxy Buds

Cek daya baterai TWS

Kualitas panggilan yang memburuk bisa jadi karena daya baterai TWS lemah. Hal ini bisa jadi yang mempengaruhi kualitas panggilan memburuk. Untuk mengatasinya cobalah untuk mengisi ulang daya baterai TWS dengan penuh dan cobalah kembali melakukan panggilan telepon.

Meminimalisir jangkauan smartphone dan TWS

Jarak TWS dan perangkat smartphone atau laptop yang cukup jauh bisa jadi mempengaruhi panggilan telepon.

Umumnya jarak maksimal TWS biasanya sekitar 10 meter, namun hal ini dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti versi Bluetooth, kekuatan sinyal, dan kondisi lingkungan.

Kualitas baterai TWS menurun/rusak

Apabila daya tahan baterai penuh namun kualitas panggilan menurun bisa jadi terjadi eror pada baterai TWS. Cobalah untuk menuju servis atau menuju produsen TWS untuk menanyakan masalah yang mengganggu kualitas panggilan telepon di TWS.

Restart TWS

Restart TWS dapat membantu untuk memperbaiki koneksi dan memperbaiki masalah audio. Cara restart TWS berbeda-beda tergantung pada merek dan modelnya. Namun, secara umum, ada dua cara untuk restart TWS:

Cara 1

  • Masukkan kedua earbud ke dalam case pengisi daya
  • Tutup case pengisi daya
  • Tunggu beberapa detik
  • Buka case pengisi daya dan keluarkan kedua earbud

Cara 2

  • Tekan dan tahan tombol daya di kedua earbud selama beberapa detik hingga earbud mati
  • Selanjutnya tekan dan tahan tombol daya di kedua earbud kembali selama beberapa detik hingga earbud hidup kembali

Baca juga: Earphone TWS Apple yang Bisa Dipakai Android Segera Masuk Indonesia?

Demikian cara mengatasi kualitas panggilan telepon yang memburuk pada TWS. Perlu diperhatikan bahwa kualitas TWS yang sudah terlalu lama dan memburuk bisa juga menjadi pengaruh kualitas audio. 

Maka dari itu diperlukan perawatan TWS yang baik selama menggunakannya. Salah satunya dengan memperhatikan penggunaan. Hindari TWS jatuh dari ketinggian dan berada di suhu ekstrem.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com