Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Realme 11 Pro 5G, Fitur dan Spek Serba Cukup Jadi "Daily Driver"

Kompas.com - Diperbarui 24/10/2023, 11:54 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Realme 11 Pro 5G yang dirilis pada 18 Juli lalu di Indonesia, menawarkan sejumlah spesifikasi menarik, mulai dari desain, layar, chipset hingga kamera.

Disebut menarik karena Realme 11 Pro 5G didesain dengan penampang bermaterial kulit sintetis. Selain itu, layar smartphone ini juga punya tepi melengkung. Desain ini berbeda dengan pendahulunya, Realme 10 Pro, yang memiliki layar dengan tepian datar atau flat.

Jeroan Realme 11 Pro 5G juga dibuat berbeda dengan pendahulunya. Sebab, smartphone ini ditenagai oleh System on chip (SoC) Dimensity 7050 5G, lain dengan Realme 10 Pro yang ditenagai chip Snapdragon 695 5G.

Sederet spesifikasi lainnya juga turut melengkapi Realme 11 Pro 5G, termasuk kamera 100 MP dengan OIS hingga fast charging 67 watt. Lebih tinggi dibanding Realme 10 Pro yang hanya 33 watt.

Tim KompasTekno berkesempatan menjajal Realme 11 Pro 5G varian Sunrise Beige. Bagaimana pengalaman kami menggunakan smartphone ini? Berikut ulasannya.

Desain unik

Realme 11 Pro 5G hadir dengan layar AMOLED berukuran 6,7 inci dengan lubang di tengah atasnya untuk menampung kamera depan ponsel. Tepi layarnya didesain melengkung, sehingga tampilannya seolah didominasi oleh layar tanpa bezel kanan dan kiri.

Jeroan layarnya didukung dengan resolusi 1080 x 2412 piksel, HDR10 Plus, refresh rate 120 Hz dan kecerahan sampai 950 nits.

Tampilan layar Realme 11 Pro 5G dengan tepi melengkungKompas.com/Lely Maulida Tampilan layar Realme 11 Pro 5G dengan tepi melengkung

Beralih ke punggung ponsel, Realme 11 Pro 5G varian warna Sunrise Beige memiliki cover berbahan kulit sintetis. Karena itu, tekstur penampang smartphone ini menjadi lembut dan lebih empuk dibanding penampang ponsel pada umumnya. 

Selain itu, penggunaan material ini juga membuat smartphone nyaman digenggam tanpa rasa licin. Meski demikian, Realme menyediakan softcase atau jelly case dalam kotak kemasan Realme 11 Pro 5G bila pengguna ingin lebih menjaga ponsel goresan dan risiko lainnya.

Tampilan punggung Realme 11 Pro 5GKompas.com/Lely Maulida Tampilan punggung Realme 11 Pro 5G
Di bagian punggung Realme 11 Pro 5G juga terdapat modul kamera berukuran besar hingga menghabiskan sepertiga bentang penampang ponsel. Modulnya didesain berbentuk lingkaran, menampung tiga kamera serta lampu flash.

Realme 11 Pro 5G juga dibekali aneka tombol dan port, antara lain tombol volume dan daya yang ditempatkan di sisi kanan ponsel.

Ada pula port USB-C di bawah ponsel, diapit oleh speaker, mikrofon dan slot kartu SIM. Slot kartu SIM-nya bisa menampung dua SIM berjenis nano.

Baca juga: Realme 11 Pro 5G Resmi di Indonesia, Harga Rp 5 Jutaan

Slot kartu SIM dan aneka port di Realme 11 Pro 5GKompas.com/Lely Maulida Slot kartu SIM dan aneka port di Realme 11 Pro 5G

Ada pula speaker dengan lubang yang lebih kecil dan mikrofon lainnya di bagian atas ponsel.

Secara umum, desain Realme 11 Pro 5G nyaman digenggam, apalagi lebarnya cukup pas untuk digenggam dengan satu tangan.

Meski tepi layarnya dibuat melengkung, KompasTekno tidak begitu sering mendapati navigasi yang keliru, khususnya ketika sebagian tangan tak sengaja menyentuh atau menekan tepi layar ponsel.

Dukungan layar AMOLED dengan refresh rate 120 Hz pada ponsel ini juga membuat pengoperasian smartphone terasa nyaman dan mulus.

Realme 11 Pro 5G juga dilengkapi dengan fitur Smart Sidebar, yaitu semacam taskbar mini yang bisa dimunculkan ketika dibutuhkan. Fitur itu bisa menampung sejumlah aplikasi atau perintah, seperti untuk merekam layar (screen recorder) hingga aplikasi seperti Spotify dan lain sebagainya.

Tampilan fitur Smart Sidebar di Realme 11 Pro 5GKompas.com/Lely Maulida Tampilan fitur Smart Sidebar di Realme 11 Pro 5G

Fitur ini sebenarnya juga tersedia di smartphone Realme lainnya, tetapi dengan dukungan tepi layar yang melengkung, akses untuk menjangkau Smart Sidebar terasa lebih nyaman.

Ada adapter charger di dalam kotak

Realme 11 Pro 5G dikemas dalam kotak berwarna kuning dengan teks hitam. Di dalam kemasan itu, terdapat unit ponsel, jelly case, SIM ejector, lembar panduan singkat hingga kartu garansi.

Isi kotak kemasan Realme 11 Pro 5GKompas.com/Lely Maulida Isi kotak kemasan Realme 11 Pro 5G
Selain itu, Realme juga menyediakan adapter dengan output 67 watt serta USBC untuk mengisi ulang daya ponsel. Kedua aksesori ini hadir dengan kelir putih dengan material yang kokoh.

Seperti smartphone kekinian lainnya, Realme 11 Pro 5G tidak menyediakan aksesori earphone atau OTG.

Kamera 100 MP yang cukup

Realme 11 Pro 5G hadir dengan dua kamera belakang, terdiri dari kamera utama 100 MP (f/1.8) wideangle disertai fitur stabilisasi OIS, dan kamera kedalaman 2 MP (f/2.4).

Secara teknis, resolusi default-nya adalah 12 MP. Jadi, bila pengguna ingin memakai kamera 100 MP, pengguna perlu memilih opsi 100 MP.

Meski cuma punya konfigurasi dua kamera saja, smartphone ini secara umum mampu menawarkan sejumlah fitur penunjang fotografi. Beberapa di antaranya yaitu Portrait, mode malam, losless zoom 2x, hingga mode Pro.

Tim KompasTekno menggunakan kamera Realme 11 Pro 5G untuk memotret aneka objek baik siang maupun malam hari. Secara umum, kamera smartphone ini bisa diandalkan untuk memotret berbagai momen, baik saat pencahayaan melimpah, cukup, maupun minim cahaya.

Seperti foto di bawah ini. Foto ini diambil siang hari, saat pencahayaan melimpah. Kami juga membandingkan foto bidikan kamera default Realme 11 Pro 5G dan kamera 100 MP dengan objek yang sama.

Hasilnya, foto jepretan kamera default kamera Realme 11 Pro 5G tampak bagus dengan detail yang cukup tajam. Meski warna objeknya dipoles lagi, hasil fotonya masih cukup alami seperti warna asli, tanpa kesan warna yang berlebihan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com