Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game "Silent Hill" Pertama di Android dan iOS Resmi Meluncur, Bisa Dimainkan Gratis

Kompas.com - 03/11/2023, 16:04 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Konami akhirnya merilis game horor baru dari waralaba Silent Hill. Game tersebut berjudul Silent Hill Ascension dan sudah bisa diunduh (download) di toko aplikasi Android (Play Store) dan iOS (App Store) secara gratis mulai pekan ini.

Bisa dibilang, game ini juga merupakan game Silent Hill pertama untuk Android dan iOS, sekaligus menjadi proyek pertama game Silent Hill yang diumumkan Oktober 2022 lalu, yang dirilis ke publik.

Game Silent Hill pertama di ponsel sebenarnya dirilis 2006 lalu, namun kala itu hanya ponsel-ponsel eksklusif di Jepang saja dan bukan dirilis untuk Android dan iOS.

Silent Hill Ascension dibuat mirip serial TV interaktif yang memungkinkan pemain memilih jalan cerita dan akhirnya (ending).

Silent Hill Ascension mirip game buatan Telltale, seperti The Walking Dead Telltalle Series, atau serial TV interaktif keluaran Netflix berjudul Bandersnatch. Artinya, game ini melibatkan pilihan pemainnya untuk menciptakan alur cerita yang sesuai dengan mereka.

Karena bentuknya mirip serial TV interaktif, maka pemain tidak akan bisa mengontrol pemain-pemain yang ada di dalam game ini, melainkan hanya mengarahkan jalan ceritanya (via opsi-opsi yang tampil dalam layar) sambil menonton saja.

Baca juga: Konami Umumkan 5 Proyek Silent Hill, Ada Game Silent Hill 2 Remake

Ilustrasi opsi yang ahrus dipilih pengguna untuk melanjutkan jalan cerita Silent Hill Ascension.Konami Ilustrasi opsi yang ahrus dipilih pengguna untuk melanjutkan jalan cerita Silent Hill Ascension.
Silent Hill Ascension juga memungkinkan pemain untuk membeli item di dalam game. Item ini bisa dibeli menggunakan alat tukar di dalam game bernama "Influence Points". Alat tukar ini bisa didapatkan dengan menyelesaikan berbagai teka-teki yang ada di dalam game.

Masuk ke jalan ceritanya, Silent Hill Ascension sederhananya menceritakan tentang kisah dua keluarga misterius yang nasibnya saling berkaitan setelah adanya insiden pembunuhan anak laki-laki dengan cara ritual mistis.

Sepanjang game, pemain harus membuat beberapa pilihan yang bisa menentukan nasib kedua keluarga tersebut, entah tidak bersalah atau bersalah karena terlibat ritual mistis itu.

Untuk ketersediaan, game yang dikembangkan oleh pengembang game dan rumah produksi film Genvid Entertainment, Behaviour Interactive, DJ2 Entertainment, dan Bad Robo ini sudah bisa diunduh gratis di Play Store dan App Store.

Baca juga: Daftar Game Gratis PS Plus November 2023, Ada Mafia II: Definitive Edition

Meski gratis, game ini memiliki fitur berbayar (in-app purchase) yang bisa dibeli pengguna untuk melanjutkan penelusuran teka-teki pembunuhan anak laki-laki tadi.

Nah, agar bisa memainkan game ini dengan lancar, pengguna harus menyiapkan ponsel Android yang menjalankan sistem operasi Android 5.1 ke atas, atau iPhone dengan iOS 15 ke atas. Game ini bisa diunduh di tautan berikut ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com