Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Katalog 3.000 Game Android Kini Bisa Dimainkan di PC

Kompas.com - 28/10/2023, 09:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada awal perilisannya di Indonesia sekitar awal November 2022 lalu, platform alias "emulator" resmi untuk bermain game Android di komputer (PC), yaitu Google Play Games hanya bisa menjalankan sekitar 25 game saja.

Nah, menjelang kurang lebih satu tahun hadir di Indonesia, Google mengatakan bahwa pengguna kini bisa memainkan lebih dari 3.000 game via Google Play Games di PC mereka, tanpa membutuhkan smartphone.

Klaim ini disampaikan Director Product Google Play Games, Arjun Dayal dalam sebuah pengumuman yang diunggah di blog resmi Google.

"Mulai hari ini, Anda bisa memainkan sekitar 3.000 game Android, termasuk game populer Clash of Clans dan Clash Royale, di PC Windows 10 dan Windows 11 Anda," kata Dayal, dikutip KompasTekno dari BlogGoogle, Sabtu (28/10/2023).

Baca juga: PlayStation Store Gelar Halloween Sale, Game Horor PS4 dan PS5 Diskon hingga 90 Persen

"Progres dari game-game Android yang dimainkan di PC tersebut juga akan tersinkron dengan progres permainan di HP Android Anda, sehingga Anda bisa memainkan aneka game favorit Anda di manapun Anda berada," imbuh Dayal.

Dayal tidak menyebut secara rinci game apa saja yang termasuk ke dalam ribuan game yang kini hadir di Google Play Games untuk PC. Namun, daftar game yang bisa dimainkan di PC bisa dicari secara langsung melalui fitur pencari di aplikasi Google Play Games.

Pengguna juga bisa melihat daftar game yang kini bisa dimainkan di Google Play Games melalui tautan berikut ini.

Persyaratan minimum Google Play Games

Game Android bisa dimainkan di PC Windows, lewat Google PLay Games versi beta.dok. Google Game Android bisa dimainkan di PC Windows, lewat Google PLay Games versi beta.

Nah, sebelum memainkan aneka game Android via Google Play Games di PC, pengguna sejatinya harus tahu terlebih dahulu spesifikasi PC minimum untuk menjalankan aplikasi tersebut. Syarat-syaratnya adalah sebagai berikut:

Baca juga: Google Play Games Resmi Masuk Indonesia, Game Android Kini Bisa Dimainkan di Windows

  • OS: Windows 10 (v2004)
  • Penyimpanan: Solid State Drive (SSD) dengan ruang penyimpanan kosong 10 GB
  • Grafis: GPU Intel UHD Graphics 630 atau yang sebanding
  • Prosesor: CPU dengan 4 core
  • Memori: RAM 8 GB
  • Akun admin
  • Windows Virtualisasi hardware harus diaktifkan

Jika sudah memenuhi syarat di atas, maka pengguna sudah bisa memainkan game Android favorit mereka via Google Play Games PC, tentunya via layar komputer yang sejatinya lebih besar dari smartphone.

Untuk kenyamanan bermain, Google menghadirkan dukungan controller dari berbagai konsol game, mulai dari PS5 DualSense, serta berbagai controller Xbox.

Lalu, pengguna juga bisa mengaktifkan fitur tampilan 4K untuk sejumlah game populer, serta mengatur resolusi dari tampilan game secara bebas melalui menu pengaturan Google Play Games PC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com