Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy M44 Meluncur Pakai Snapdragon 888

Kompas.com - Diperbarui 13/11/2023, 09:15 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Samsung merilis smartphone terbarunya dari keluarga M-series, yakni Samsung Galaxy M44. Ponsel kelas menengah itu sudah muncul di situs resmi Samsung Korea Selatan.

Menariknya, meski di lembar spesifikasi Samsung tak menyebut chipsetyang digunakan oleh Samsung M44, namun spesifikasinya sesuai dengan spek chip flagship Qualcomm lawas, yakni Snapdragon 888.

Chip tersebut menggunakan CPU octa-core yang terbagi menjadi tiga klaster. Masing-masing klaster memiliki kecepatan clock 2,84 Ghz, 2,4 GHz, dan 1,8 GHz.

Kehadiran Snapdragon 888 di Galaxy M44 juga sebelumnya sudah terendus di situs benchmark Geekbench.

Baca juga: Samsung Galaxy M54 5G Resmi di Indonesia, Baterai 6.000 mAh Harga Rp 6 Jutaan

Meski Snapdragon 888 adalah chip yang berumur tiga tahun, namun chip ini punya catatan kinerja dan performa yang tinggi di ponsel Android, dan dahulu hanya dipakai di ponsel kelas atas Samsung saja. Kini chip flagship itu dipasang di Samsung M-series.

Tangkapan layar dari kemunculan Samsung Galaxy M44 di situs resmi Samsung Korea SelatanKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Tangkapan layar dari kemunculan Samsung Galaxy M44 di situs resmi Samsung Korea Selatan

Sebagai informasi, Samsung Galaxy M33 5G yang meluncur tahun lalu menggunakan chipset Exynos 1280, dan juga dipasarkan di Indonesia. Mereka yang tak puas dengan performa chip Exynos seri 1xxx, bakal mengapresiasi upgrade ke Snapdragon 888 ini.

Dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Sabtu (11/10/2023), Galaxy M44 memiliki nama model Galaxy Jump 3 Bussiness Orientation di situs resmi Samsung Korea Selatan.

Namun ponsel tersebut diyakini akan dinamai “Galaxy M44” saat diperkenalkan secara global. Sebab, nomor model yang dimiliki ponsel adalah “M446KZKAKTC”. Gabungan tiga huruf dan angka pertama tercatat “M44”.

Spesifikasi Samsung M44 di Korea Selatan

Ilustrasi Samsung Galaxy M44 warna BlackSamsung Mobile Ilustrasi Samsung Galaxy M44 warna Black

Samsung M44 datang dengan layar berpanel LPS LCD berbentang 6,58 inci. Resolusi layar yang ditawarkan adalah Full HD Plus (1.080 x 2.408 piksel) dan refresh rate 120 Hz.

Layar mengadopsi model flat (datar) dan dihiasi poni jenis waterdrop untuk menampung kamera depan 13 MP.

Pada bagian punggung, desain yang diadopsi Galaxy M44 serupa dengan Galaxy M34 yang baru saja dirilis ke Indonesia awal November lalu. Ketiga sensor kameranya disusun segaris secara vertikal dan tertanam langsung di bodi, tanpa modul.

Baca juga: Harga Samsung M35 Rp 4 Jutaan, Ini 4 Beda Spesifikasinya Dibanding Galaxy M33

Konfigurasi kameranya sendiri terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8)dan dua kamera beresolusi 2 MP (f/2.4), tetapi tidak diketahui fungsi dan lensanya. Kamera dilengkapi fitur penstabil gambar (OIS/Optical Image Stabilization), dan perekaman video 4K dengan frame rate 30 fps.

Chip yang diduga Snapdragon 888 tadi tercatat dipadu dengan RAM 6 GB dan storage (penyimpanan) seluas 128 GB. Perluasan penyimpanan bisa dilakukan hingga 1 TB menggunakan microSD yang tersedia.

Baterai yang dimiliki berkapasitas 5.000 mAH dan mendukung pengisian daya 25 watt. SIstem operasi yang dijalankan tidak diketahui. Fitur pendukung lainnya sudah mendukung jaringan 5G, 4G, satu slot kartu SIM, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, NFC, dan USB-C untuk pengisian daya/transfer data.

Dengan ukuran bodi 167,7 (tinggi), 78 mm (lebar), 9,1 mm (ketebalatan) dan bobot 216 gram, Galaxy M44 datang dengan dua warna saja, yaitu Hitam dan Putih.

Pantauan KompasTekno di laman resmi Samsung Korea Selatan, Sabtu (11/11/2023), ketika mengeklik tombol beli, harga Samsung Galaxy M44 masih belum muncul.

Belum ada indikasi juga bahwa Samsung M44 akan diperkenalkan di luar Korea Selatan, seperti Indonesia atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com