Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Bisa Bikin Stiker Langsung dari Foto

Kompas.com - Diperbarui 21/11/2023, 06:54 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram sedang rajin-rajinnya meluncurkan dan menguji coba fitur baru untuk meningkatkan pengalaman penggunanya.

Baru-baru ini, Instagram juga merilis fitur Shared List untuk bagikan Instagram Stories ke banyak "circle" pertemanan berbeda dan Close Friends untuk feed dan Instagram Reels.

Kini, Instagram meluncurkan sejumlah fitur baru untuk Instagram Stories, feed, dan Instagram Reels.

Di Instagram Stories, kini Instagram menguji "Create", fitur pembuat stiker instan kepada pengguna global mulai Rabu (15/11/2023).

Pantauan KompasTekno, Kamis (16/11/2023), sebagian pengguna Instagram di Indonesia sudah bisa menjajal fitur pembuat stiker ini.

Fitur Create bisa ditemukan di menu "Smiley" di Instagram Stories. Dengan fitur Create, pengguna bisa membuat stiker dari foto yang ada di galeri ponsel langsung di Instagram.

Instagram menguji fitur Create untuk membuat stiker. Pengguna tinggal memilih foto dari galeri, kemudian akan disulap menjadi stiker oleh fitur Create.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Instagram menguji fitur Create untuk membuat stiker. Pengguna tinggal memilih foto dari galeri, kemudian akan disulap menjadi stiker oleh fitur Create.
Caranya, buka Instagram Stories. Kemudian pilih foto/video yang ingin diunggah. Lalu, klik menu "Smiley" di atas. Pilih opsi "Create" untuk membuat stiker. Pengguna tinggal memilih foto (yang subjek fotonya jelas) untuk disulap menjadi stiker.

Nantinya, fitur Create akan memisahkan objek foto dari latar belakang (background) secara otomatis atau pengguna bisa menyeleksi objek foto secara manual untuk dijadikan stiker. Selanjutnya, klik "Use sticker".

Baca juga: Feed dan Reels Instagram Kini Punya Opsi Close Friends, Indonesia Kebagian

Stiker dari foto pengguna akan ditempel di foto/video yang dipilih sebelumnya. Pengguna bisa menyesuaikan ukuran dan letak stiker. Seluruh stiker yang dibuat menggunakan fitur "Create" akan tersimpan di menu "Smiley".

25 filter foto baru untuk Instagram iOS

Instagram meluncurkan 25 filter foto baru untuk pengguna Instagram iOS.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Instagram meluncurkan 25 filter foto baru untuk pengguna Instagram iOS.
Setelah sekian lama, Instagram juga akhirnya merilis 25 filter foto baru untuk mempercantik foto yang diunggah pengguna di feed. Untuk saat ini, filter foto baru ini hadir untuk Instagram iOS.

“Dari pengeditan warna yang halus hingga opsi gaya ekspresif, pembaruan ini memudahkan Anda mencoba berbagai tampilan untuk postingan Anda,” tulis Meta di blog resminya.

Adapun 25 filter foto baru di Instagram iOS meliputi Fade, Fade warm, Fade cool, Simple, Simple warm, Simple cool, Boost, Boost warm, Boost cool, Graphite, Hyper, Rosy, Emerald, Midnight, Grainy, Gritty, Halo, Color leak, Soft light, Zoom blur, Handheld, Moiré, Lo-res, Wide angle, dan Wavy.

Filter baru tersebut melengkapi filter lawas seperti Clarendon, Juno, Lark, Valencia, Gingham, Moon, Crema, hingga Sierra.

Untuk pertama kalinya, beberapa filter baru ini seperti Wide angle dan Wavy, bisa membuat perubahan signifikan pada gambar asli, bukan hanya mengubah warna dan nada foto. Sama seperti biasanya, pengguna juga bisa menyesuaikan intensitas filter.

Baca juga: Akun Threads Akhirnya Bisa Dihapus Tanpa Perlu Hapus Instagram

Reels punya fitur rotate dan "suara" baru

Instagram juga menambah beberapa font baru dan opsi garis/stroke pada tulisan agar lebih mudah dibaca.Meta Newsroom Instagram juga menambah beberapa font baru dan opsi garis/stroke pada tulisan agar lebih mudah dibaca.
Pembaruan baru juga mencakup beberapa peningkatan untuk Reels. Instagram mengatakan sedang menguji kemampuan untuk menyesuaikan ukuran (scale), memotong (crop), dan memutar (rotate) klip individual ketika mengedit Reels di Instagram.

Instagram juga akan segera menambahkan tombol undo dan redo untuk mempermudah pengguna ketika mengedit video Reels, sebagiaman dihimpun KompasTekno dari Meta Newsroom, Kamis (16/11/2023).

Di samping itu, Instagram juga menambahkan 10 opsi suara text-to-speech bahasa Inggris baru untuk sejumlah wilayah negara. Instagram juga menambah beberapa font baru dan opsi garis luar/stroke pada tulisan agar lebih mudah dibaca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com