Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Postingan Instagram Hilang Tiba-tiba? Begini Penjelasannya

Kompas.com - 11/11/2023, 13:17 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkah saat mengunggah konten di Instagram, postingan Anda tiba-tiba hilang? Hal ini biasa terjadi oleh beberapa pengguna, tak jarang hal ini dialami oleh beberapa kreator konten.

Postingan yang tiba-tiba hilang ini tentu mengkhawatirkan pengguna, terutama pada kreator konten. Terlebih lagi bagi mereka yang telah mengunggah konten-konten yang berkolaborasi dengan pihak-pihak tertentu.

Postingan yang terhapus bisa jadi disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari Instagram yang mengalami bug, pengguna yang tidak sengaja melanggar pedoman dan kebijakan, dan lain sebagainya.

Lantas apa saja faktor lainnya yang menyebabkan postingan Instagram tiba-tiba hilang? Selengkapnya berikut ini beberapa penjelasannya.

Baca juga: 3 Trik Mengetahui Akun Instagram Kita Di-Mute Orang Lain

Akun Anda diretas

Postingan yang tiba-tiba terhapus tanpa sebab memang membuat pengguna cukup bertanya-tanya. Terlebih lagi jika Anda tidak merasa melanggar kebijakan dan pedoman platform. Maka dari itu Anda harus melacak dan menemukan penyebabnya dengan cepat.

Bisa jadi postingan yang terhapus itu dikarenakan akun Anda yang diretas. Kendati demikian ini masih merupakan kemungkinan kecil.

Selain postingan yang tiba-tiba terhapus, biasanya akun yang diretas akan mengubah nama akun pengguna, beberapa postingan yang dihapus, atau mengikuti pengikut yang sebelumnya tidak Anda ikuti.

Salah satu pencegahan agar akun Anda tetap aman adalah dengan mengaktifkan otentikasi dua faktor. Berikut caranya:

  • Buka akun Instagram Anda
  • Buka profil dan klik menu garis tiga vertikal di pojok kanan atas
  • Pilih “Pusat akun”
  • Klik “Kata sandi dan keamanan”
  • Pilih “Autentikasi dua faktor”

Mengarsipkan postingan tidak sengaja

Postingan yang tiba-tiba hilang bisa jadi disebabkan oleh pengguna yang secara tidak sengaja mengarsipkan postingannya sendiri. Untuk memastikannya, Anda bisa mengecek folder arsip Instagram. Begini caranya:

  • Buka akun Instagram Anda
  • Buka profil IG dan pilih “Arsip”
  • Selanjutnya pilih “Arsip cerita” atau “Arsip postingan”
  • Gulir ke bawah dan cek apakah postingan Anda terarsipkan secara tidak sengaja

Melanggar pedoman komunitas

Setiap platform tentu memiliki pedoman komunitas atau peraturan tertentu saat mengunggah postingan. Pengguna yang kurang memperhatikan pedoman komunitas yang diterapkan oleh Instagram. Konten-konten yang dianggap sensitif bisa jadi akan membuat postingan terhapus.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengajukan tinjauan pengembalian postingan di Instagram atau mengecek pedoman komunitas kembali, yang kemudian memposting ulang konten.

Instagram sedang down

Tak jarang postingan yang tiba-tiba hilang atau terhapus dikarenakan Instagram sedang mengalami down. Anda bisa mengeceknya di https://downdetector.com/ untuk memastikan apakah aplikasi sedang down.

Aplikasi masih berada di versi lama

Selain Instagram yang sedang down, postingan yang terhapus secara tiba-tiba atau hilang bisa jadi dikarenakan aplikasi mengalami eror atau bug. Hal ini dikarenakan Instagram masih berada di versi lama.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan pembaruan atau update aplikasi di Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Baca juga: Fitur Baru Instagram Shared List Hadir di Indonesia, Bagikan IGS ke Banyak Circle

Itulah beberapa alasan yang bisa jadi menyebabkan postingan di IG terhapus tiba-tiba. Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara pada poin di atas atau menunggu hingga postingan kembali hadir di IG dengan sendirinya. Semoga membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com