Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurir Curi 33 iPhone demi Beli Mobil untuk Pacarnya

Kompas.com - 21/11/2023, 08:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang kurir pengiriman berusia 21 tahun mencuri 33 iPhone demi pacarnya. Peristiwa ini terjadi di Turki pada pekan lalu.

Kurir bernama Azim G itu bekerja di sebuah perusahaan ekspedisi di kota Adana, Turki. Tugas terakhir yang dia jalankan yaitu mengirimkan 33 unit iPhone.

Puluhan iPhone itu ditaruh dalam sebuah boks. Boks tersebut seharusnya dikirimkan ke toko perangkat elektronik di sebuah pusat perbelanjaan. Namun, sang kurir malah mencurinya.

Bila ditotal, harga dari ke-33 unit iPhone itu berkisar 30.000 dollar Amerika Serikat atau setara sekitar Rp 462 juta.

Sebagai informasi, harga iPhone di Turki memang mahal karena biaya pajaknya yang tinggi. iPhone curian harganya lebih murah, tetapi praktik ini jelas menyalahi aturan.

Dari total iPhone yang dicuri, Azim menjual beberapa unit dan separuh hasilnya dibelikan mobil bagi pacarnya sebagai hadiah kejutan. Harga mobil yang dibeli adalah sekitar Rp 215 juta.

Namun, praktik ilegal ini akhirnya ketahuan, setelah pemilik toko elektronik yang seharusnya menerima iPhone mengecek kamera CCTV. Dari kamera CCTV pemilik toko mengetahui bahwa kurir tersebut tidak pernah mengirimkan paket iPhone ke toko.

Baca juga: Pemilik iPhone Ternyata Banyak yang Pakai Perabot Pintar Xiaomi

Dari bukti itu, polisi kemudian melakukan penyelidikan dengan menggeledah rumah Azim. Awalnya Azim membantah. Namun, Azim tidak bisa mengelak setelah ditemukan lima unit iPhone yang tersisa dari 33 iPhone curian.

Tidak dijelaskan model iPhone apa yang dicuri oleh Azam. Namun, menurut gambar yang dibagikan kepolisian, modelnya tampak seperti iPhone 11.

iPhone curian kurir di TurkiHurriyet iPhone curian kurir di Turki

Adapun kekasih sang kurir mengaku tidak tahu kalau hadiah mobil untuknya itu dibeli dengan uang dari barang curian.

Pada akhirnya mobil dan lima unit iPhone sisa tadi disita oleh kepolisian setempat. Sementara itu Azim akan menjalani sidang di pengadilan, dihimpun KompasTekno dari Reuters, Selasa (21/11/2023).

Curi iPhone 14 Plus dengan gerogoti kabel anti-maling

Kisah soal iPhone yang dicuri juga terjadi di China. Seorang wanita di China ditangkap karena mencuri iPhone 14 Plus dengan cara yang tidak biasa. Ia menggerogoti kabel anti-maling yang tersambung dengan perangkat display di etalase.

Kabel ini biasa digunakan di toko gadget agar perangkat yang dipajang, tidak disambar sembarang orang.

Aksi ini terekam kamera pengawas (CCTV) toko. Tidak disebutkan apakah toko tempat kejadian perkara ada di Apple Store atau toko pihak ketiga.

Berdasarkan rekaman CCTV, wanita bermarga “Qiu” ini mulanya masuk seperti pelanggan biasa pada umumnya. Dia melihat-lihat produk yang dipajang tanpa menunjukkan gelagat mencurigakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com