Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Manfaat Artificial Intelligence dalam Dunia Pendidikan yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 26/11/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Artificial Intelligence (AI) saat ini telah banyak berkembang dan dimanfaatkan di berbagai bidang, tak terkecuali bidang pendidikan. Manfaat AI dalam pendidikan kiranya perlu diketahui supaya dapat digunakan dengan tepat.

Di masa sekarang, mulai banyak bermunculan program-program AI yang dapat membantu pekerjaan pengguna di bidang pendidikan. Beberapa contohnya yang populer antara lain seperti ChatGPT dan Bing AI.

Baca juga: 7 Hal yang Bisa Dilakukan di Chat GPT, Termasuk Menyusun dan Merangkum Teks

Lewat program-program AI seperti itu, pekerjaan di bidang pendidikan seperti pembelajaran dapat dilakukan dengan lebih mudah. Baik pekerjaan guru maupun siswa dalam proses pembelajaran, dapat terbantu dengan adanya AI.

Lantas, apa manfaat AI dalam pendidikan? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai manfaat AI dalam pendidikan

Manfaat AI dalam pendidikan

Ada banyak manfaat yang diberikan AI dalam pendidikan. Beberapa di antaranya seperti membantu pendidik untuk menyusun bahan ajar dan membantu siswa untuk lebih mudah memahami konsep.

Adapun penjelasan yang lebih lengkap kegunaan ChatGPT dalam pendidikan, baik untuk guru maupun siswa, adalah sebagai berikut:

1. Membantu menyusun berbagai soal atau kuis

AI dapat dimanfaatkan untuk membantu menyusun berbagai soal atau kuis. Guru bisa menggunakan AI untuk membuatkan soal dengan tingkat kesulitan tertentu sesuai dengan tingkat murid dan tujuan pembelajaran.

2. Membantu menyusun materi pembelajaran

Selain membantu menyusun soal, AI juga dapat dimanfaatkan untuk membantu menyusun materi pembelajaran. Guru bisa menggunakan AI untuk membantu menyusun materi pembelajaran yang menarik dan interaktif sesuai dengan tujuan pembelajaran.

3. Membantu menyusun rencana pembelajaran

Manfaat AI dalam pendidikan yang berikutnya adalah membantu menyusun rencana pembelajaran, yang di dalamnya termasuk jangka waktu pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan tujuan pembelajaran.

4. Membantu mengoreksi tulisan

AI dapat dimanfaatkan guru untuk mengoreksi karya tulis yang dibuat oleh murid. Guru dapat menggunakan AI untuk mengoreksi ejaan, tata bahasa, atau tanda baca, yang digunakan murid pada tulisannya.

5. Memberikan saran metode pembelajaran

Manfaat AI dalam pendidikan yang berikutnya adalah memberikan saran metode pembelajaran. Guru bisa menggunakan AI untuk seolah berperan sebagai murid dan belajar dari simulasi itu untuk memberikan pembelajaran.

Kemudian, AI juga bisa diminta untuk memberikan saran metode pembelajaran yang tepat berdasar informasi murid yang hendak dididik.

6. Membantu menemukan jawaban

Manfaat AI dalam pendidikan untuk siswa adalah membantu menemukan jawaban dari pertanyaan yang diberikan oleh guru. AI bisa menjawab berbagai pertanyaan secara secara cepat dan ringkas.

7. Membantu menemukan solusi

AI tidak hanya bisa membantu menemukan jawaban, tetapi juga dapat menyajikan solusi langkah demi langkah dalam menjawab pertanyaan. Contohnya, siswa bisa meminta bantuan AI untuk mengerjakan soal matematika, fisika, atau kimia.

Dalam mengerjakan soal-soal dalam pelajaran tersebut, AI dapat menyajikan langkah pengerjaannya dan rumus yang digunakan, serta alasan mengapa rumus tersebut cocok dipakai untuk mengerjakan.

Baca juga: 9 Hal yang Bisa Dilakukan dengan Bing AI, Termasuk Bikin Gambar dari Teks

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com