Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelanggan YouTube Premium di Indonesia Bisa Main 40 Game Gratis, Begini Caranya

Kompas.com - 01/12/2023, 13:29 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform streaming video milik Google, YouTube, kini membawa fitur game bernama "Playables" (Ruang Game) ke dalam layanannya. Fitur ini hadir khusus untuk pengguna berbayar alias YouTube Premium.

YouTube Playables memungkinkan pengguna bermain game di dalam aplikasi ataupun web secara cuma-cuma. Fitur ini bisa diakses lewat tab khusus di aplikasi untuk Android dan iOS serta website YouTube.com.

Pantauan KompasTekno, Kamis (30/11/2023) sore, pengguna YouTube Premium di Indonesia sudah kebagian fitur ini. Pelanggan YouTube Premium di Tanah Air bisa menjajal 40 judul game secara langsung dan gratis di aplikasi YouTube untuk smartphone serta di halaman YouTube.com.

Fitur ini mirip seperti milik Netflix. Dengan Playbles, pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi game secara terpisah. Sebab, seluruh permainan Playables bisa langsung dimainkan di dalam aplikasi/situs YouTube tanpa perlu beralih ke aplikasi lain.

Karena masih berupa fitur eksperimental, 40 game di YouTube Playables ini dijadwalkan hanya bisa dimainkan hingga 28 Maret 2024.

Baca juga: YouTube Mulai Gulirkan “Playables”, Pusat Game untuk Pengguna Premium

Cara main game di YouTube

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan pengguna YouTube untuk bisa mencoba 40 judul game ini:

Pastikan langganan YouTube Premium aktif. Pengguna bisa berlangganan Premium mulai harga paling murah Rp 25.000 per bulan untuk paket pelajar, Rp 50.000 untuk pake individu, dan Rp 75.000 per bulan untuk paket keluarga.

Selanjutnya, pengguna harus mengaktifkan fitur "Playables". Caranya, di aplikasi YouTube, klik ikon profil > "Coba fitur eksperimental baru". Atau, klik ikon profil > "Manfaat Premium Anda" > "Coba fitur eksperimental baru" di situs YouTube.com.

Nantinya, pengguna akan melihat fitur eksperimental "mainkan game di YouTube". Klik "Cobalah" untuk menjajal fitur ini.

YouTube mengatakan bahwa pengguna hanya bisa mencoba satu fitur eksperimental dalam satu waktu. Pengguna bisa mengaktifkan dan menonaktifkan fitur Playables ini selama periode eksperimen masih berjalan hingga 28 Maret tahun depan.

"Utuk waktu terbatas, pelanggan Premium yang memenuhi syarat dapat mencoba berbagai fitur baru yang sedang kami kembangkan, termasuk eksperimen AI. Bagikan masukan Anda untuk membantu kami menjadikan YouTube lebih baik. Akun Anda dibatasi untuk satu eksperimen aktif dalam satu waktu," tulis YouTube.

YouTube hadirkan fitur eksperimental Playables, memungkinkan pengguna YouTube Premium memainkan 40 game langsung di aplikasi/situs.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto YouTube hadirkan fitur eksperimental Playables, memungkinkan pengguna YouTube Premium memainkan 40 game langsung di aplikasi/situs.
Bila berhasil, YouTube Playables akan muncul di menu Explore atau pengguna bisa menemukan fitur "Playables" dengan menggulirkan (scroll) beranda utama.

Ketika mengunjungi menu Playables, pengguna disuguhkan dua tab, yaitu "Home" dan "Browse". Tab Home akan menampilkan daftar permainan yang sudah dimainkan pengguna dan judul game yang sedang populer.

Sementara, tab "Browse" berguna untuk melihat daftar seluruh game yang ada. Game yang ditawarkan bertema seperti teka-teki, olahraga, asah otak, arcade, RPG & strategi, balapan, game papan & kartu, simulasi, akse, hingga trivia & kata.

Baca juga: YouTube Music 2023 Recap Meluncur, Ada Cover Album Unik dan 100 Lagu Terfavorit

Berikut daftar 40 game yang bisa dimainkan gratis di YouTube:

  1. 8 Ball Billiards Classics
  2. Angry Birds Showdown
  3. Basketball FRVR
  4. Brain Out
  5. Cannon Ball 3D
  6. Carrom Clash
  7. Collect Em All!
  8. Color Burst 3D
  9. Color Pixel Art
  10. Crazy Caves
  11. Cube Tower
  12. Daily Crossword
  13. Daily Solitaire
  14. Draw Climber
  15. Element Blocks
  16. Endless Siege
  17. Farm Land
  18. FreeCell Solitaire
  19. Gin Rummy
  20. Gold Mahjong
  21. Magic Car Academy
  22. Merge Heroes
  23. Merge Master
  24. Merge Pirates
  25. Moving Co.
  26. My Space Pet
  27. Northern Heights
  28. Om Nom Run
  29. Onet Connect Classics
  30. Pirate Po
  31. Rainy Bobay Cafe
  32. Scooter Xtreme
  33. Slice It All!
  34. Stack Bounce
  35. State.io
  36. Super Goal
  37. Tile Master
  38. Today's Hurdle
  39. Words of Wonders
  40. Words of Wonders: Guru

Untuk bermain game, pengguna tinggal mengeklik judul game atau opsi "Mulai permainan/start game".

Pengguna juga bisa leluasa meninggalkan permainan kapanpun karena riwayat permainan akan tersimpan secara otomatis. Pengguna tinggal mengeklik "lanjutkan/continue" untuk melanjutkan permainan.

Pengguna juga bisa memberikan masukan kepada YouTube soal pengalaman bermain game selama periode eksperimen ini. Belum diketahui apakah fitur game akan dirilis ke seluruh pengguna, termasuk pengguna gratis, setelah masa eksperimen berakhir pada 28 Maret 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com