Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PC Kentang Minggir Dulu, Game "Tekken 8" Butuh Storage 100 GB

Kompas.com - 30/11/2023, 10:03 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Developer game asal Jepang, Bandai Namco Studios Inc. merilis syarat atau spesifikasi minimum PC untuk bermain game fighting Tekken 8. Tekken 8 rencananya akan diluncurkan pada 26 Januari 2024.

Tekken 8 merupakan sekuel dari Tekken 7 (2015) yang membawa alur cerita dan deretan karakter baru. Game ini juga dikemas dengan grafik lebih ciamik karena mengandalkan mesin pengembang Unreal Engine 5, berbeda dengan prekuelnya yang memakai Unreal Engine 4.

Unreal Engine 5 membawa berbagai peningkatan seperti teknologi "Lumen" yang membuat pencahayaan di dalam game terlihat lebih nyata, sehingga game akan terlihat lebih realistis.

Karena berbagai peningkatan ini, kebutuhan storage untuk main Tekken 8 pun menjadi lebih berat daripada prekuelnya, yaitu 100 GB.

Angka ini meningkat 40 GB dibanding storage yang diperlukan Tekken 7 (60 GB). Sebagai perbandingan, pesaingnya Street Fighter 6 masih membutuhkan storage 60 GB.

Agar lancar main Tekken 8, PC yang digunakan wajib dibekali prosesor setidaknya Intel Core i5-6600K atau AMD Ryzen 5 1600.

Baca juga: Game Tekken 8 Meluncur 26 Januari 2024, Ini Harganya di Indonesia

Kartu grafis (GPU) yang dibutuhkan adalah Nvidia GeForce GTX 1050 Ti atau AMD Radeon R9 380X, meningkat dari Nvidia GeForce GTX 660 2 GB di Tekken 7.

Komputer pun wajib dibekali sistem operasi (OS) Windows 10 64 bit, RAM 8 GB, DirectX versi 12, dan sound card yang mendukung DirectX.

Spesifikasi ini memungkinkan pengguna untuk bermain Tekken 8 dengan frame rate stabil melebihi 60 fps. Makin tinggi frame rate yang diperoleh, makin mulus alias tidak patah-patah juga game yang dimainkan.

Catatannya, Bandai Namco tidak mengumbar apakah frame rate yang tinggi ini diperoleh dalam pengaturan grafik rata kanan atau rata kiri. Jika rata kanan, seharusnya pengguna bisa mendapatkan frame rate lebih baik lagi setelah menurunkan kualitas grafik.

Spesifikasi yang direkomendasikan untuk main Tekken 8

Beralih ke spesifikasi rekomendasi main Tekken 8, pengguna perlu menyiapkan prosesor Intel Core i7-7700K atau AMD Ryzen 5 2600. Pengguna juga membutuhkan GPU Nvidia GeForce RTX 2070 atau AMD Radeon RX 5700 XT.

RAM yang dibutuhkan adalah 16 GB, naik dua kali lipat dibanding syarat untuk bermain Tekken 7. Spesifikasi lainnya mencakup DirectX versi 12, sound card yang mendukung DirectX, dan storage 100 GB.

Frame rate yang diperoleh dengan spesifikasi di atas juga stabil di atas 60 fps.

Baik spesifikasi minimum maupun spesifikasi rekomendasi berpotensi mengalami penurunan frame rate, apabila pengguna membuka aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Contohnya saja aplikasi perpesanan Discord yang kerap digunakan jika pengguna bermain mode multiplayer bersama teman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com