Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Mempercepat WiFi biar Internetan Lancar, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 11/12/2023, 12:32 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Jaringan WiFi lambat merupakan kendala yang umum terjadi. Salah satu penyebab jaringan WiFi lambat adalah router terlalu jauh dari perangkat, sehingga sinyal yang diterima lemah dan akhirnya internetan jadi terganggu.

Selain itu, penyebab WiFi lambat juga bisa ditimbulkan karena terlalu banyak perangkat yang tersambung ke router. Alhasil, bandwidth penuh dan koneksi internet jadi lemot. Untuk mengatasi kendala ini, pengguna perlu cara mempercepat WiFi.

Baca juga: 2 Cara Melihat Password WiFi di HP Android dan iPhone dengan Mudah

Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap beberapa cara mempercepat WiFi. Lantas, bagaimana cara mempercepat WiFi supaya internetan lancar? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan cara mempercepat WiFi.

Cara mempercepat WiFi

Ada beberapa cara mempercepat WiFi yang bisa dilakukan pengguna untuk mengatasi koneksi internet yang lemot. Misalnya, pengguna bisa memindahkan router yang memancarkan koneksi WiFi ke tempat yang terjangkau semua perangkat.

Kemudian, pengguna juga bisa memilih channel WiFi yang kiranya tidak terlalu penuh, sehingga koneksi internet minim gangguan. Adapun penjelasan yang lebih lengkap mengenai beberapa cara mempercepat WiFi adalah sebagai berikut.

1. Posisikan router dengan baik

Posisi router di sebuah ruangan sangat penting diperhatikan. Misalnya, jika router ditempatkan di sudut rumah yang jauh dari jangkauan, kemungkinan besar, sinyal WiFi bakal tidak bisa ditangkap dengan baik di perangkat.

Oleh karena itu, supaya koneksi WiFi cepat, pengguna perlu memosisikan router dengan baik. Lokasi router yang ideal adalah sedekat mungkin dengan tempat di mana pengguna banyak beraktivitas dan berada di area terbuka.

Kemudian, router sebaiknya diletakkan pada area yang jauh dari perangkat elektronik lain dan minim penghalang. Pasalnya, semakin banyak penghalang seperti dinding atau pintu, semakin tinggi pula potensi sinyal WiFi terganggu.

Semakin banyak dinding, pintu, dan penghalang lain di dekat router Anda, semakin tinggi kemungkinan sesuatu mengganggu sinyal Anda. Sebaiknya, letakkan router di area yang tinggi, sehingga dapat memaksimalkan jangkauan sinyalnya.

2. Ubah posisi antena Router

Router dilengkapi dengan salah satu dari dua jenis antena, yakni antena internal atau eksternal. Jika router memiliki dua antena eksternal, coba posisikan antena tersebut satu mengarah secara vertikal dan yang lainnya diposisikan secara horizontal.

Dikutip dari Cnet, transmisi antara router dan perangkat lain akan maksimal ketika penerima dan pemancar beroperasi pada bidang yang sama.

3. Gunakan adaptor powerline

Jika pengguna tinggal di ruangan bertingkat dan luas, sehingga tidak dapat menempatkan router secara terpusat, solusinya supaya koneksi internet tetap terjangkau adalah dengan menggunakan adaptor powerline.

Untuk diketahui, adaptor powerline merupakan perangkat jaringan yang dapat menyalurkan koneksi internet melalui kabel. Pengguna bisa menghubungkan perangkat dengan kabel ethernet ke adaptor powerline untuk mendapatkan koneksi internet yang disalurkan router.

4. Ganti password dengan komposisi yang kuat

Keempat, cara mempercepat WiFi adalah mengganti password dengan komposisi yang kuat. Pastikan jaringan WiFi telah dilindungi dengan kata sandi yang kuat untuk menghindari akses yang tidak sah, yang dapat memperlambat koneksi.

Baca juga: Cara Cek Siapa Saja yang Menggunakan WiFi, Bisa lewat HP

5. Jauhkan router dengan perangkat elektronik lain

Gelombang mikro yang dihasilkan perangkat elektronik seperti microwave dan speaker bluetooth dapat berpotensi menimbulkan gangguan pada sinyal WiFi. Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan router dengan perangkat elektronik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com