Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Sam Altman "Nge-Hang" Setelah Kabar Dipecat dari OpenAI

Kompas.com - 13/12/2023, 11:32 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemecatan Sam Altman dari perusahaan yang didirikannya, OpenAI, membuat sejumlah pihak terkejut. Bahkan, iPhone milik bos pendiri ChatGPT itu sempat berhenti berfungsi sementara alias nge-hang setelah kabar pemecatan itu beredar luas.

Cerita ini dibagikan langsung oleh Sam Altman lewat sebuah podcast dengan komedian sekaligus aktor Amerika Serikat (AS) Trevor Noah.

Dalam kesempatan itu Altman bilang iPhone-nya nge-hang setelah ia menerima kabar pemecatan dari OpenAI. Pasalnya, iPhone miliknya menerima banyak pesan dan notifikasi dari orang-orang yang ingin menanyakan kabar pemecatan tersebut.

Jadi, ponsel Altman seolah tidak siap dihujani oleh aneka pesan dan notifikasi tadi. Kemungkinan pesan-pesan itu muncul dari berbagai rekan dan kerabat Altman yang ikut terkejut dengan kabar pemecatannya.

Baca juga: Bos ChatGPT Sam Altman Jadi CEO of The Year Versi Majalah Time

Selain itu, aplikasi iMessage di iPhone Altman juga sempat terganggu hingga tidak bisa difungsikan sementara.

"Ponselku seolah tidak bisa dipakai karena notifikasi bermunculan non-stop. iMessage juga eror sementara, pesan delay hingga menandai semua pesan sudah terbaca," jelas Altman.

Altman tak memerinci model iPhone apa yang dia pakai. Namun, untuk sosok sekelas Altman, kemungkinan model yang dipakai adalah iPhone terbaru alias salah satu model dari iPhone 15 series, dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (13/12/2023).

Adapun pemecatan Sam Altman dari OpenAI memang cukup menggegerkan. Sebab, Altman merupakan sosok kunci di perusahaan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) tersebut. Selain itu, waktunya juga bisa dibilang mendadak tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Direkrut lagi jadi CEO

Sam Altman dipecat dari OpenAI pada Jumat (17/11/2023). Keputusan ini diwarnai oleh sejumlah drama, mulai dari ikut mundurnya Presiden dan Chairman OpenAI Greg Brockman dan tiga peneliti senior perusahaan, hingga ancaman 700 karyawan OpenAI untuk resign berjemaah.

Bahkan, Altman direkrut oleh Microsoft untuk bergabung ke divisi AI. Namun, setelah negosiasi panjang bersama pemegang saham dan pihak terkait di OpenAI, Altman akhirnya kembali menjadi CEO OpenAI.

Per Rabu (29/11/2023), Sam Altman resmi kembali menjabat CEO OpenAI, menggantikan CEO interim kedua OpenAI, Emmett Shear. Shear merupakan pendiri Twitch dan diangkat menjadi CEO sementara OpenAI pada Minggu (20/11/2023), menggantikan Mira Murati.

Baca juga: Sam ChatGPT Altman Resmi Kembali Jabat CEO OpenAI

"Saya hari ini kembali menjabat sebagai CEO OpenAI. Mira Muratti juga akan kembali menjabat sebagai Chief Technology Officer (CTO). Lalu, direksi inti OpenAI akan terdiri dari Bret Taylor (Ketua), Larry Summers, dan Adam D'Angelo," kata Sam Altman mengumumkan comeback-nya lewat memo internal yang diunggah di blog resmi OpenAI pada akhir November lalu.

Tiga direksi OpenAI ketika Sam dipecat, yaitu Ilya Sutskever, Tasha McCauley, dan Helen Toner, kini tak berada di dalam jajaran direksi OpenAI yang baru. D'Angelo menjadi satu-satunya direksi lama yang dipertahankan.

Meski demikian, Altman berterima kasih kepada Ilya, Helen, dan Tasha, serta akan terus menjalin komunikasi dengan mereka, terutama Ilya untuk menjalankan bisnis OpenAI di masa depan.

Direksi OpenAI juga akan diisi oleh seseorang dari Microsoft. Namun, jabatan tersebut tidak akan memiliki hak untuk memilih (voting) untuk diskusi bisnis OpenAI ke depan, melainkan hanya berfungsi sebagai "pengawas".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com