Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos ChatGPT Sam Altman Jadi "CEO of The Year" Versi Majalah Time

Kompas.com - 07/12/2023, 10:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber TIME

KOMPAS.com - Chief Executive Officer (CEO) OpenAI, Sam Altman, dinobatkan sebagai "CEO of The Year 2023" oleh Majalah Time.

Menurut Majalah Time, Sam layak mendapat penghargaan tersebut karena ia merupakan sosok pemimpin yang berhasil membuat bisnis OpenAI meroket selama setahun belakangan. 

Altman juga disebut sebagai orang yang sukses membuat produk bikinan OpenAI, yaitu chatbot ChatGPT, sukses dan diadopsi oleh banyak perusahaan dan dipakai oleh banyak orang di dunia.

Lalu, Sam juga dianggap sosok yang cerdik, semangat, serta berbakat dalam bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Ia juga kerap disebut sebagai "bapak" AI, lantaran berhasil mencanangkan konsep Artificial General Intelligence (AGI), suatu bidang AI yang nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat luas.

"Sam Altman adalah salah satu eksekutif paling berkuasa dan dihormati di dunia. Ia juga kami anggap sebagai sosok yang sangat dikenal khalayak dunia, juga sebagai 'bapak' dari revolusi dan pengembangan teknologi dunia," tulis Majalah Time.

Baca juga: ChatGPT Jadi Foto Sampul Majalah Time

Selain sukses menjalankan OpenAI, penunjukkan Sam Altman oleh Majalah Time sebagai CEO of The Year juga tak lepas dari "cobaan" yang ia alami dalam beberapa minggu terakhir.

Salah satu ujian yang dialami Sam Altman adalah drama pemecatan dari jabatan CEO OpenAI secara tiba-tiba oleh dewan direksi OpenAI pada 17 November lalu.

Sam Altman kemudian direkrut oleh Microsoft pada 20 November lalu. Namun, kembali ke OpenAI dan menjabat lagi sebagai CEO pada 21 November lalu setelah beragam diskusi panjang yang dilakukan internal OpenAI.

Sam, kepada Majalah Time, mengaku bahwa kejadian yang menimpa dirinya menjelang akhir November ini merupakan kejadian "tergila" yang ia alami sepanjang hidupnya. 

"Kejadian ini saya anggap sebagai kejadian tergila di hidup saya. Saking gilanya, saya hingga saat ini masih bisa belum pulih dari dari efek yang ditimbulkan dari kejadian tersebut," jelas Sam, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Majalah Time, Kamis (7/12/2023).

Kisah Sam Altman yang dinobatkan sebagai CEO of The Year oleh Time Magazine secara lengkap bisa disimak dalam artikel di tautan berikut ini.

ChatGPT pernah jadi sampul Majalah Time

Selain Sam Altman, ChatGPT juga pernah menghiasi sampul Majalah Time. Ini terjadi pada Februari lalu, tepatnya Time untuk edisi 27 Februari - 6 Maret 2023.

Halaman depan Majalah Time itu menampilkan ilustrasi berupa jendela layar yang khas ketika pengguna "mengobrol" dengan ChatGPT.

Ternyata, ilustrasi itu merupakan hasil perbincangan staf penulis Time, Andrew R. Chow dan Billy Perrigo dengan ChatGPT. Chow dan Perrigo terlihat menanyakan pendapat ChatGPT tentang judul "The AI Arms Race Is Changing Everything" (Perlombaan Senjata AI Mengubah Segalanya).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com