Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Activision Blizzard Bobby Kotick Mundur

Kompas.com - 22/12/2023, 10:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Proses akuisisi Microsoft atas perusahaan game raksasa Activision Blizzard rampung pada Oktober lalu. Beberapa bulan pasca-akuisisi, CEO Activision Blizzard, Bobby Kotick kini mengumumkan pengunduran dirinya.

Hal ini disampaikan CEO Microsoft Gaming, Phil Spencer dalam sebauh memo yang tersebar di internet. Dalam memo itu, disebutkan bahwa Kotick akan meninggalkan Activision Blizzard pada akhir Desember ini. 

"CEO Activision Blizzard pekan ini mengumumkan bahwa 29 Desember 2023 mendatang adalah hari terakhir dia di Microsoft Gaming. Saya bangga atas pencapaian dia di Activision Blizzard, terutama upaya dan strategi dia untuk membuat seri-seri game perusahaan tersebut hidup hingga saat ini,"  tulis Phil dalam sebuah memo.

Baca juga: Demi Akuisisi Activision Blizzard, Microsoft Jual Lisensi ke Pesaing

Microsoft tidak atau belum menunjuk siapa nantinya yang akan menggantikan sosok Bobby Kotick. Namun yang jelas, selain Kotick, sejumlah petinggi Activision Blizzard juga akan meninggalkan perusahaan dalam kurun waktu beberapa bulan ke depan.

Beberapa di antaranya seperti Chief Communication Officer Activision Blizzard Lulu Meservey, Vice Chairman Blizzard dan King Humam Sakhnini, dan beberapa eksekutif lainnya.

Meski demikian, tak semuanya mundur dari perusahaan game tersebut. Sebab, beberapa petinggi, seperti Chief Administrative Officer Brian Bulatao, Chief Financial Officer Armin Zerza, dan lain-lain akan tetap berada di perusahaan.

Kendati begitu, mereka kini akan melapor ke atasan barunya di Microsoft Gaming, tepatnya ke President Microsoft Gaming, Matt Booty, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Jumat (22/12/2023).

Nah, kepergian Bobby Kotick dan sejumlah petinggi Activision Blizzard lainnya ini merupakan hasil dari restrukturisasi Activision Blizzard pasca proses akuisisi Microsoft rampung pada October lalu.

Baca juga: Selain Activision Blizzard, Microsoft Ternyata Juga Incar Akuisisi Sega

Belum ada informasi apakah restrukturisasi manajemen Activision Blizzard ini sudah rampung atau belum. Artinya, beberapa karyawan atau petinggi Activision Blizzard mungkin masih ada yang akan dimutasi atau mundur dari perusahaan tersebut di masa depan.

Namun yang jelas, secara keseluruhan, operasional Activision Blizzard yang kini berjalan di bawah nama besar Microsoft Gaming akan menjadi kabar baik bagi para gamer di masa depan, terutama mereka yang doyan memainkan game di konsol Xbox atau platform PC.

 

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a

Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com