Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Saksi Lahirnya Samsung Galaxy S24 yang Tidak Biasa, Tak Fokus Bahas Spesifikasi

Kompas.com - 19/01/2024, 08:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

SAN JOSE, KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan trio Galaxy S24, S24 Plus, dan S24 Ultra di acara Galaxy Unpacked 2024 di San Jose, California, Amerika Serikat, Rabu (17/1/2024) waktu AS atau Kamis (18/1/2024) dini hari waktu Indonesia.

Jurnalis Kompas.com Galuh Putri Riyanto hadir secara langsung rangkaian acara Galaxy Unpacked yang digelar di SAP Arena ini.

Ini merupakan acara Galaxy Unpacked ketiga yang saya ikuti. Namun, ini menjadi acara Galaxy Unpacked global pertama yang saya hadiri secara langsung.

Tahun ini, Galaxy Unpacked kental dengan pembahasan AI, AI, AI. Dari total durasi acara 1 jam 7 menit Galaxy Unpacked 2024, sebanyak 35 menit di antaranya dihabiskan untuk membedah fitur Galaxy AI terbaru di Samsung Galaxy S24 series.

Hal ini berbeda dengan dua panggung Galaxy Unpacked yang saya lihat sebelumnya, di mana lebih meng-highlight spesifikasi perangkat keras seperti kamera dan chipset, topik sustainability, dan perbandingan peningkatan dari generasi sebelumnya.

Tahun ini, Samsung fokus menghadirkan teknologi AI (kecerdasan buatan) ke smartphone bikinannya. Ini deretan fitur Galaxy AI di Samsung S24 series.

Baca juga: 7 Fitur Galaxy AI yang Debut di Trio Samsung Galaxy S24

@kompastekno Galaxy AI is here! here are 7 AI feature to level up user experience, productivity, and creativity. #samsungunpacked #samsungs24 #s24ultra #android #quickshare ? KPOP idol style / BLACKPINK style(1294476) - Burning Man

Samsung mengatakan, Galaxy AI di Samsung S24 series akan menghadirkan cara baru dalam memudahkan aktivitas pengguna, seperti berkomunikasi tanpa hambatan serta mendorong produktivitas dan kreativitas dengan lebih mudah dan sederhana.

Pasalnya, teknologi Galaxy AI ini dapat disematkan untuk aktivitas keseharian pengguna seperti teleponan, bercakap dengan orang asing, browsing, mengirim pesan, edit foto, hingga menulis catatan.

Panggung megah seperti nonton bioskop 3D

Acara Galaxy Unpacked 2024 digelar di SAP Center, arena olahraga dan hiburan multiguna yang terletak di San Jose, California, Amerika Serikat.

Ketika memasuki venue, kesan pertama yang kami rasakan adalah megah. Samsung hanya menggunakan setengah lapangan untuk panggung yang megah. Karena setengah lapangan sisanya digunakan untuk area experience Galaxy S24 series.

@kompastekno appreciating the animation works in Galaxy Unpacked event 2024???????????????? #samsung #samsungunpacked #samsungs24 #s24ultra ? original sound - Tekno Kompascom

Panggung Samsung Unpacked 2024 tersebut memanfaatkan "jumbo tron" serta layar LED yang super besar untuk menampilkan materi presentasi produk.

Lantai panggungnya juga full terdiri dari layar LED. Ketika animasi atau materi presentasi dimainkan, pengguna bisa melihat animasi/tulisan/gambar produk bergerak secara dinamis ke atas-bawah dan kanan-kiri. Ketika menonton langsung, kami seperti melihat bioskop dengan format tiga dimensi (3D).

Kursi-kursi tribun ramai dipenuhi oleh awak media, influencer, partner, hingga Samsung member. Beberapa kali arena dihiasi dengan suara riuh dari sorakan dan tepuk tangan penonton.

Misalnya, ketika produk Samsung S24 series akhirnya ditampilkan di layar LED, ketika Samsung mengumumkan Samsung S24 series dapat update Android hingga 7 generasi, kamera telefoto 50 MP (zoom optis 5x).

Baca juga: Resmi, Ini Harga Samsung Galaxy S24, S24 Plus, dan S24 Ultra di Indonesia

Suara riuh juga terdengar ketika Samsung tiba-tiba memberikan kejutan dengan mengenalkan peranti aksesori anyar bernama Galaxy Ring.

Rumor terkait Galaxy Ring ini sebenarnya sudah muncul sejak tahun lalu, namun Samsung baru secara resmi mengenalkannya bersamaan dengan peluncuran Galaxy S24 Series pada awal 2024 ini Seperti namanya, Galaxy Ring merupakan sebuah cincin pintar yang bisa dipakai di jari pengguna.

Namun, ini tentunya bukan cincin biasa, melainkan cincin yang dibekali dengan berbagai teknologi kesehatan mumpuni ala Samsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com