Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy S24 Bisa Terjemahkan Langsung Percakapan Telepon Pakai AI

Kompas.com - 18/01/2024, 19:07 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lini Samsung Galaxy S24 series yang meluncur pada Kamis (18/1/2024) dini hari waktu Indonesia, mengunggulkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) baru bernama Galaxy AI.

Teknologi yang hadir di Samsung S24, Samsung S24 Plus, dan Samsung S24 Ultra ini mendukung berbagai fitur yang menyokong aktivitas sehari-hari pengguna, salah satunya diberi nama "Live Translate".

Live Translate adalah fitur yang berfungsi sebagai penerjemah suara dan teks dua arah secara langsung (real-time). Ketika menelepon dengan orang asing, ponsel akan menerjemahkan bahasa tersebut secara otomatis, baik secara verbal maupun lewat teks di layar.

"Perbedaan bahasa berpotensi menghilangkan kesempatan kita untuk membangun koneksi dengan orang lain. Oleh karena itu, kami senang untuk menawarkan solusi berupa penerjemah suara secara real-time," kata Drew Blackard, VP Product Management Samsung dalam acara Galaxy Unpacked di San Jose, Amerika Serikat, Kamis (18/1/2024).

Samsung memamerkan cara kerja fitur tersebut di Galaxy Unpacked. Dalam demo yang dipamerkan itu, seorang pengguna yang tidak bisa berbahasa Spanyol menelepon sebuah restoran di negara itu.

Untuk memanfaatkan Live Translate, pengguna itu pertama-tama mencari menu "Call assist" di halaman panggilan telepon, kemudian memilih "Text Call" atau "Live Translate".

Baca juga: Resmi, Ini Harga Samsung Galaxy S24, S24 Plus, dan S24 Ultra di Indonesia

Demo fitur Galaxy AI di Samsung S24 Series, Live Translate. Fitur ini bisa menerjemahkan percakapan pengguna yang menggunakan bahasa berbeda secara real-time.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Demo fitur Galaxy AI di Samsung S24 Series, Live Translate. Fitur ini bisa menerjemahkan percakapan pengguna yang menggunakan bahasa berbeda secara real-time.
Selanjutnya, pengguna tersebut berbicara menggunakan bahasa Inggris untuk reservasi tempat duduk di restoran itu. Bahasa tersebut kemudian diterjemahkan langsung secara verbal ke bahasa Spanyol.

Sebaliknya, staf tersebut menjawab dengan bahasa Spanyol, yang kemudian diterjemahkan Galaxy AI ke bahasa Inggris. Komunikasi dua arah ini berjalan dengan mulus, meski kedua pihak yang saling menelepon tidak memahami bahasa lawan bicara.

"Keren, bukan? Seolah-olah pengguna memiliki penerjemah pribadi dalam panggilan telepon Anda," kata Blackard usai menunjukkan demo Live Translate.

Adapun fitur Live Translate terimplementasi secara langsung dalam Samsung S24 series. Dengan kata lain, pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan atau aplikasi pihak ketiga jika ingin menggunakannya.

Live Translate meluncur dengan dukungan terjemahan teks dan audio hingga 13 bahasa, yakni bahasa China Sederhana, Inggris, Prancis, Jerman, Hindi, Italia, Korea, Jepang, Polandia, Portugis, Spanyol, Thai, dan Vietnam.

Samsung bakal menambah dukungan bahasa lainnya pada beberapa waktu mendatang, meski tidak dirincikan bahasa apa saja yang dimaksud.

Semua terjemahan Live Translate dilakukan dalam perangkat Samsung S24 series, sehingga keamanan panggilan telepon diklaim tetap terjaga.

Live Translate juga akan mengingat pengaturan bahasa pengguna, dan pengaturan bahasa apa yang digunakan oleh kontak pengguna.

Fitur terjemahan bahasa ini dapat digunakan pula di luar panggilan telepon. Lalu, pengguna bisa membisukan (mute) suara diri sendiri atau lawan bicara, sehingga hanya suara terjemahan saja yang terdengar.

Baca juga: Samsung Kasih Kejutan di Galaxy Unpacked 2024, Ada Galaxy Ring

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com