Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Galaxy AI Akan Hadir di Ponsel dan Tablet Lawas Samsung, Ini Daftarnya

Kompas.com - 24/01/2024, 10:33 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S24 series resmi debut global pada 17 Januari lalu dengan sederet fitur berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) atau disebut Galaxy AI. Meski hadir perdana untuk flagship baru tersebut, Galaxy AI juga akan segera hadir untuk perangkat Samsung lain, termasuk smartphone dan tablet lawas Samsung.

Bebrapa model yang akan kebagian Galaxy AI antara lain Galaxy S23 series termasuk S23 FE hingga ponsel lipat Galaxy Z Fold 5. Tablet terbaru Samsung, Galaxy Tab S9 juga akan kebagian Galaxy AI. Berikut daftar lengkapnya:

  • Galaxy S23
  • Galaxy S23 Plus
  • Galaxy S23 Ultra
  • Galaxy S23 FE
  • Galaxy Z Flip 5
  • Galaxy Z Fold 5
  • Galaxy Tab S9

Baca juga: Ini Benefit Daftar Minat Samsung S24 Galaxy AI di Indonesia

Sederet perangkat itu akan mendapat fitur Galaxy AI lewat pembaruan software, kira-kira pada paruh pertama tahun ini. Namun, jadwal rincinya masih belum terungkap. Kemungkinan fitur itu hadir lewat pembaruan One UI 6.1.

Adapun Galaxy S22 series yang rilis tahun 2022 tidak kebagian fitur yang sama. Hal ini juga dikonfirmasi oleh Head of Customer Experience Samsung, Patrick Chomet yang menyatakan bahwa tidak ada perangkat rilisan tahun 2022 yang akan kebagian Galaxy AI, setidaknya untuk saat ini.

Alasannya adalah karena Samsung ingin "menjaga kualitas dan kinerja fitur yang dikembangkan".

"Lalu kami akan mempelajari bagaimana orang memakainya (fitur) dan menyesuaikan kinerjanya," kata Chomet kepada TechRadar.

Untuk saat ini, Galaxy AI tersedia gratis sampai akhir tahun 2025. Selanjutnya, pengguna perlu berlangganan bila ingin memakai fitur berbasis AI ini seterusnya. Namun mekanisme serta harga langganannya belum dibeberkan Samsung, dilansir Android Authority, Rabu (24/1/2024).

Baca juga: Bos Samsung Buka-bukaan soal Galaxy AI di Kantor Silicon Valley

Fitur Galaxy AI

Samsung belum memastikan apakah seluruh fitur Galaxy AI di Samsung S24 juga akan hadir di deretan smartphone lawas tadi. Sebagai gambaran, berikut fitur Galaxy AI yang sudah tersedia di seri Galaxy S24.

Live Translate

Live Translate berfungsi sebagai penerjemah suara dan teks dua arah yang berfungsi secara real-time pada panggilan telepon konvensional.

Fitur ini berguna ketika pengguna sedang teleponan dengan teman orang asing. Skenario lain, fitur Live Translate bisa digunakan untuk memesan makanan hingga membuat reservasi restoran di luar negeri.

Demo fitur Galaxy AI di Samsung S24 Series, Live Translate. Fitur ini bisa menerjemahkan percakapan pengguna yang menggunakan bahasa berbeda secara real-time.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Demo fitur Galaxy AI di Samsung S24 Series, Live Translate. Fitur ini bisa menerjemahkan percakapan pengguna yang menggunakan bahasa berbeda secara real-time.

Sebagai on-device Galaxy AI, fitur ini terimplementasi secara langsung dalam telepon. Dengan begitu, pengguna tak perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk bisa menggunakannya. Fitur ini juga diklaim tetap menjaga percakapan tetap aman.

Interpreter

Fitur Interpreter memungkinkan dua orang melakukan percakapan secara langsung dalam dua bahasa yang berbeda, misalnya Korea dan Inggris. Nantinya, percakapan akan diterjemahkan secara instan via tampilan split-screen pada perangkat.

Fitur AI interpreter bisa ditemukan di panel Quick Access. Pengguna akan melihat ikon interpreter. Ketika di klik, pengguna akan melihat dua jendela spilt-screen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com