Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur "Circle to Search" Galaxy AI Samsung S24 Dipakai Kepoin OOTD Suga BTS dan IU

Kompas.com - 19/01/2024, 11:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung resmi menghadirkan sederet teknologi AI (kecerdasan buatan) "Galaxy AI" pada trio Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra.

Jurnalis Kompas.com Galuh Putri Riyanto berkesempatan menjajal fitur Galaxy AI duluan di rangkaian acara Galaxy Unpacked 2024 di San Jose, Amerika Serikat mulai 15-18 Januari 2024.

Sepengalaman kami, salah satu fitur Galaxy AI yang menarik untuk dicoba adalah Circle to Search. Fitur AI ini menawarkan cara "googling" baru di smartphone dengan lebih mudah dan instan. Fitur ini bakal memudahkan kami ketika ingin mencari suatu hal, tapi tidak tahu kata kunci yang tepat untuk mencarinya.

Misalnya, ketika kami melihat street food Korea yang menggiurkan, tapi tidak tahu namanya. Atau ketika kami melihat vas unik, tapi sulit mendeskripsikannya.

Baca juga: 7 Fitur Galaxy AI yang Debut di Trio Samsung Galaxy S24

Atau ketika kami ingin mengetahui merek sepatu yang digunakan orang asing di suatu acara, tanpa perlu benar-benar bertanya kepadanya. Bahkan, ketika mencari OOTD (baju, aksesori) yang digunakan oleh boyband/girlband/selebriti favorit kami.

Nah, di sinilah peran Circle to Search. Dengan fitur ini, kami bisa melakukan "googling" dari konten visual, baik dari foto/video di galeri ponsel, Instagram Stories, hingga video TikTok/YouTube/Shorts.

@kompastekno Samsung X Google is giving us simpliest way to do internet search thing. just hold home screen icon and circle it. definitely save times! #samsungunpacked #galaxyai #samsungs24 #s24ultra #circletosearch #google ? original sound - Tekno Kompascom

Misalnya, kami sedang menonton acara bincang-bincang "Suchwita" milik Suga BTS di YouTube. Pada episode 24, Suga BTS mengundang penyanyi solo "IU".

Ketika menonton, kami pun kepo dengan outfit yang digunakan Suga BTS dan IU. Kami pun memanfaatkan fitur AI Circle to Search untuk mencari model baju yang digunakan keduanya.

Sepengalaman kami hanya perlu menekan tombol home/beranda selama beberapa waktu untuk mengaktifkan Galaxy AI. Kemudian, pengguna tinggal melingkari, menggarisbawahi, menyorot, atau menekan apa pun yang ada di layar Galaxy S24 Series. Semua hal ini dilakukan tanpa perlu membuka browser Google Chrome atau membuka Google Lens.

Gestur tekan, dan lingkari untuk Circle to Search ini sudah aktif secara bawaan. Jadi, pengguna bisa langsung menggunakannya ketika memegang unit Samsung S24 series.

Baca juga: Samsung Galaxy S24 Ultra Resmi, Pertama dengan Galaxy AI, Bodi Titanium, dan Zoom Optis 5x

Setelah menunggu tak sampai 5 detik, Circle to Search pun memberikan hasil pencarian yang relevan melalui jendela pop-up Google. Di hasil pencarian, kami melihat outfit yang mirip dengan yang dipakai Suga BTS dan Suga, serta situs web tempat kita bisa membeli.

Kami melihat gambar dengan vas biru yang unik dalam salah satu video. Kami pun kepo dan menggunakan Circle to Search. Alhasil, kami bisa menemukan vas unik yang mirip, lengkap harga dan situs yang menjualnya.

Stylus S Pen Galaxy S24 Ultra.Kompas.com/Galuh Putri Riyanto. Stylus S Pen Galaxy S24 Ultra.

Saat menghadiri acara Samsung Unpacked, kami juga kepo dengan salah satu sepatu yang digunakan peserta. Kami pun mengambil foto sepatu tersebut. Lalu menekan tombol home/beranda selama beberapa waktu untuk mengaktifkan Circle to Search.

Kemudian, kami melingkari sepatu tersebut. Ternyata, sepatu tersebut bernama Nike Air More Uptempo Cobalt Bliss.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna mesti memiliki jaringan internet. Karena, pada dasarnya, fitur ini mirip seperti Google Lens.

Hanya saja, berkat kolaborasi Samsung X Google, Circle to Search di Galaxy S24 series membuat proses googling menjadi lebih simpel, karena pengguna tak perlu keluar aplikasi, lalu membuka Google Chrome/Lens untuk mencari berdasarkan konten visual ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com