Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Megahnya Konser Coldplay di Singapura dalam Bidikan Samsung Galaxy S24 Ultra

Kompas.com - 25/01/2024, 11:30 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Coldplay, band bergenre rock kenamaan asal Inggris menggelar konser bertajuk “Coldplay Music of the Spheres World Tour” di Singapura selama enam hari, dimulai pada tanggal 23 Januari 2024.

Tim KompasTekno berkesempatan hadir di konser hari pertama, yang digelar di Singapore National Stadium, Kallang Singapura. Tidak hanya datang menyaksikan konser, kami juga mendapat kesempatan mengabadikan momen konser menggunakan Samsung Galaxy S24 Ultra.

Ponsel teranyar Samsung ini bisa dibilang sebagai "HP konser", sebagaimana pendahulunya, Galaxy S23 Ultra. Sebab, Samsung S24 Ultra memiliki sederet fitur yang mendukung aktivitas fancam alias aktivitas mengabadikan momen konser dari kamera penggemar saat konser.

Salah satunya adalah fitur fotografi yang ada di kamera Galaxy S24 Ultra. Ponsel ini dibekali kamera periskop dengan jangkauan optis 5x dan resolusi kamera 50 MP. Fitur ini cocok untuk menangkap momen aksi musisi idola di atas panggung, meski jarak dari tribun penonton sangat jauh.

Dengan kamera periskop dan resolusi tinggi, gambar yang dihasilkan akan lebih jernih meskipun dilakukan perbesaran (zoom).

Baca juga: Kamera Periskop Samsung Galaxy S24 Ultra, Dulu Zoom 10x Kok Sekarang Cuma 5x?

Penasaran bagaimana hasil foto konser Coldplay di Singapura menggunakan Samsung S24 Ultra? Berikut hasilnya.

Terasa lebih dekat berkat 5x optical zoom

Momen Chris Martin, vokalis Coldplay sujud di atas panggungKOMPAS.com/Galuh Putri Riyanto Momen Chris Martin, vokalis Coldplay sujud di atas panggung

Jarak antara lokasi duduk KompasTekno dan panggung kira-kira sekitar 100–120 meter. Tempat ini bisa dikatakan strategis karena tidak terlalu jauh dari panggung. Kami bisa melihat seluruh aksi dan momen Coldplay di atas panggung yang megah dengan pencahayaan warna-warni, disertai dengan ambience seluruh penonton.

Untuk memotret aksi Chris Martin cs dari dekat, kami pun memanfaatkan kamera telefoto dengan zoom optik 5x dan zoom digital 10x. Konfigurasi kamera yang dilakukan ternyata mampu memotret seluruh momen anggota band selama di panggung dengan cukup jelas.

Hasil foto konser Coldplay di Singapura pakai HP Konser Samsung, yaitu Samsung Galaxy S24 UltraKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil foto konser Coldplay di Singapura pakai HP Konser Samsung, yaitu Samsung Galaxy S24 Ultra

Dalam acara pembuka, Coldplay membawakan lagu berjudul Higher Power. Saat menyanyikan lagu ini, vokalis Coldplay, Chris Martin melakukan berbagai aksi di atas panggung, seperti menyapa penggemar dan bersujud di atas panggung. Semua momen itu bisa diabadikan dengan apik menggunakan Galaxy S24 Ultra.

Tidak hanya itu, saat membawakan lagu dengan tempo yang lebih lambat, seperti lagu Paradise, Chris Martin yang menyanyikannya sambil duduk bersila di atas panggung juga berhasil diabadikan. Mengabadikan momen ini juga dikatakan lebih mudah dengan Galaxy S24 Ultra.

Vokalis band Coldplay, Chris Martin yang tengah duduk bersila di atas panggung sambil membawakan lagu berjudul ParadiseKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Vokalis band Coldplay, Chris Martin yang tengah duduk bersila di atas panggung sambil membawakan lagu berjudul Paradise

Hasil foto Chris Martin saat duduk bersila bisa ditangkap lebih mudah lantaran vokalis asal Inggris itu tidak banyak bergerak. Gerakan yang lebih statis memudahkan kamera untuk memotret, apalagi suasana panggung konser saat itu cukup redup.

Baca juga: Tips Foto dan Rekam Fancam Konser Coldplay di Singapura Pakai Samsung Galaxy S24 Ultra

Secara teori, kamera yang digunakan memotret suasana malam atau minim cahaya akan lebih sensitif terhadap gerakan-gerakan kecil. Dikarenakan kamera akan secara otomatis memperkecil shutter speed. Rendahnya angka shutter speed akan membuat hasil gambar mudah blur (bergoyang) saat memotret gambar bergerak.

Sementara itu, untuk mengabadikan momen lagu bertempo cepat, kami mengakalinya dengan menggunakan kamera dengan perbesaran zoom 1x dan 3x saja. Memang hasil gambarnya tidak begitu dekat, tetapi bisa menghasilkan foto berkualitas tinggi.

Band Coldplay yang tengah membawakan lagu Adventur of Life Time di konser bertajuk Coldplay Music of the Spheres World TourKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Band Coldplay yang tengah membawakan lagu Adventur of Life Time di konser bertajuk Coldplay Music of the Spheres World Tour

Memotret dengan opsi zoom optik ini juga mampu meminimalisasikan foto blur (bergoyang). Ditambah, suasana arena konser yang dibuat dengan penuh warna, misal cahaya dari gelang LED alias xyloband para penonton, kembang api, dan sebagainya membuat hasil gambar tidak “kosong”, tetapi penuh dengan warna.

Hasil foto konser Coldplay di Singapura pakai Samsung Galaxy S24 UltraKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil foto konser Coldplay di Singapura pakai Samsung Galaxy S24 Ultra

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com