Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy S24 Ultra Lolos Uji Jatuh, Pengaruh Rangka Titanium?

Kompas.com - 24/01/2024, 14:33 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber YouTube

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S24 Ultra yang resmi diluncurkan di pasar global pada 17 Januari waktu AS atau 18 Januari waktu Indonesia, membawa sederet peningkatan dibanding pendahulunya, Samsung S23 Ultra.

Salah satunya adalah penggunaan bahan logam titanium di rangka Samsung S24 Ultra, yang diyakini membuat bodi lebih kuat.

Sebagai perbandingan, Samsung S23 Ultra yang dirilis tahun lalu menggunakan bahan armor aluminium. Layarnya juga kini mengadopsi desain datar (flat), bukan melengkung (curved).

Untuk melihat seberapa kuat bodi dan layar Samsung S24 Ultra, Youtuber teknologi bernama PBKreviews melakukan uji jatuh Samsung S24 Ultra. Hasil pengujian tersebut kemudian dibagikan lewat video YouTube berdurasi 5:34 menit.

Dalam percobaan pertama, PBKreviews menjatuhkan Samsung S24 Ultra ke aspal dari ketinggian pinggang orang dewasa (sekitar 1 meter), dengan kondisi layar menghadap ke bawah.

Baca juga: Samsung Galaxy S24 Versi Ini Hanya Ada 24 Unit, Dijual Rp 234 Juta

Uji jatuh layar Samsung S24 UltraYouTube Uji jatuh layar Samsung S24 Ultra
Hasilnya, ada sedikit goresan di bagian kiri bawah bingkai smartphone, dan sedikit retakan di bagian kanan atas layar. Namun demikian, layar tetap berfungsi tanpa ada masalah. Bagian belakang Samsung S24 Ultra tidak rusak atau tergores.

Menurut Youtuber itu, kaca pelindung Gorilla Glass Armor milik Samsung S24 Ultra tidak membawa peningkatan yang signifikan dibanding Gorilla Glass Victus 2 milik pendahulunya. Ia mengatakan, seharusnya layar ini bisa bertahan ketika dijatuhkan dari ketinggian pinggang.

Yang perlu dicatat, Samsung mengatakan bahwa kaca pelindung ini membuat layar lebih tahan terhadap goresan.

Lolos uji jatuh berkat bahan titanium

Percobaan kedua, Samsung S24 Ultra dijatuhkan lagi dari ketinggian yang sama, tetapi dengan kondisi punggung menghadap ke bawah.

Uji jatuh bodi Samsung S24 UltraYouTube Uji jatuh bodi Samsung S24 Ultra
Secara keseluruhan, punggung Samsung S24 Ultra dan lensa kamera sama sekali tidak mengalami kerusakan. Bagian bawah bingkai titanium Samsung S24 Ultra terlihat memiliki sedikit goresan, tetapi itu hanya debu yang bisa dibersihkan dengan mudah.

Layar gawai juga masih bisa berfungsi tanpa masalah, tetapi PBKreviews menemukan retakan kecil di bagian kiri atas layar.

Youtuber teknologi ini kemudian melakukan uji jatuh yang sama, tetapi dengan kondisi bagian samping gawai menghadap ke aspal. Bagian bawah bingkai titanium dekat S Pen tergores sedikit.

Uji coba terakhir, model paling mumpuni di Samsung Galaxy S24 series ini dijatuhkan, dengan kondisi bagian bawah ponsel menghadap aspal. Hasilnya, S Pen hampir keluar dari lubangnya, dan bagian bawah ponsel mengalami sedikit goresan.

PBKreviews menyimpulkan bahwa ia melihat peningkatan ketahanan yang ditawarkan bingkai titanium Samsung S24 Ultra, dibanding bingkai armor aluminium milik Samsung S23 Ultra.

Uji gores

Uji gores Samsung S24 UltraYouTube Uji gores Samsung S24 Ultra
Selanjutnya, PBKreviews menguji ketahanan bingkai titanium terhadap goresan. Ia menggunakan bor untuk menggores bagian bawah Samsung S24 Ultra. Bor itu meninggalkan goresan pada bagian bawah ponsel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com