Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti HyperOS? Ini Cara Cek Apakah HP Xiaomi Kebagian atau Tidak

Kompas.com - 25/01/2024, 10:35 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - HyperOS menjadi antarmuka (user interface/UI) Xiaomi saat ini dan seterusnya, menggantikan MiUI yang sudah dipakai perusahaan selama kurang lebih 13 tahun terakhir.

Xiaomi sudah mengumumkan beberapa perangkat yang kebagian HyperOS. Beberapa di antaranya yaitu Xiaomi 14 series, Xiaomi 13 Ultra, Xiaomi 13 dan 13 Pro hingga Xiaomi Pad 6.

Bila tak sabar menanti pengumuman resmi, pengguna ponsel Xiaomi, berikut sub-brand-nya, Poco dan Redmi, bisa mencoba cara lain yang sederhana.

Caranya, dengan mengunduh aplikasi bernama MIUI Downloader & HyperOS. Aplikasi ini tersedia gratis di toko aplikasi Google Play Store.

Setelah diinstal dan dijalankan, MIUI Downloader & HyperOS akan memberikan informasi detail perangkat, termasuk dengan versi sistem operasi yang dijalankan di perangkat. Dengan begitu, pengguna bisa tahu apakah ponselnya kompatibel dengan HyperOS yang berbasis Android 14 atau tidak.

Baca juga: Inikah HP Xiaomi Pertama dengan HyperOS di Indonesia?

Aplikasi MIUI Downloader & HyperOS juga bisa dipakai untuk mencari hingga mengunduh pembaruan versi stabil, bila sudah tersedia. Ada pula fitur yang memungkinkan pengguna memasang alarm notifikasi agar tidak ketinggalan update.

Perlu dicatat bahwa aplikasi itu bukan aplikasi resmi dari Xiaomi. Kendati demikian, aplikasi tersebut terbilang ramah bagi pengguna, dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Kamis (25/1/2024).

Pantauan KompasTekno, aplikasi ini mendapat skor ulasan cukup tinggi, yaitu 4.7 dari total 5 bintang. Aplikasi ini memiliki ukuran 12 MB dan bisa diunduh lewat tautan berikut ini.

HyperOS gantikan MiUI

Kehadiran HyperOS sekaligus menjadi penanda dipensiunkannya antarmuka MiUI yang selama kurang lebih 13 tahun terakhir menemani aneka produk Xiaomi dan jajaran sub-brand-nya (Poco dan Redmi).

Antarmuka MiUI terhitung sudah ada sejak Agustus 2010 dan masih dikembangkan setidaknya sampai generasi ke-14 atau disebut MIUI 14 yang rilis pada Desember 2022.

Pendiri dan CEO Xiaomi Lei Jun memperkenalkan antarmuka baru HyperOS, pengganti MiUILei Jun Pendiri dan CEO Xiaomi Lei Jun memperkenalkan antarmuka baru HyperOS, pengganti MiUI

Ke depannya, HyperOS bakal menjadi sistem antarmuka di gadget bikinan Xiaomi, menggantikan MiUI. Ponsel pertama yang dilengkapi antarmuka HyperOS secara bawaan (pre-installed) adalah Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro.

Teknologi Inti Linux dan Xiaomi Vela

Xiaomi mengungkapkan, inti dari Xiaomi HyperOS dibentuk oleh Linux dan sistem Xiaomi Vela yang dikembangkan sendiri oleh Xiaomi.

Lapisan dasar Xiaomi HyperOS mendukung lebih dari 200 platform prosesor dan lebih dari 20 sistem file standar, mencakup ratusan jenis perangkat dan ribuan SKU.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com