Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Fitur Flipside Instagram, Bisa Bikin Profil Baru Tanpa Perlu "Second Account"

Kompas.com - 26/01/2024, 08:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan ini, di media sosial (medsos) seperti X (dulu Twitter) dan TikTok, ramai pengguna yang membicarakan salah satu fitur baru di aplikasi Instagram (IG). Fitur itu tak lain dan tak bukan adalah Flipside Instagram.

Baca juga: Instagram Flipside Meluncur, Indonesia Langsung Kebagian

Salah satu keramaian itu muncul melalui akun base dengan handle @convomf. Dalam salah satu twitnya, terdapat pengirim yang menampilkan bahwa terdapat fitur baru Filpside IG yang muncul melalui ikon kunci, sebagaimana tertera di bawah ini.

Flipside IG ramai dibicarakan warganet lantaran fitur tersebut dinilai memungkinkan pengguna untuk membuat profil baru yang berbeda dan lebih privat dalam satu akun, sehingga profil tersebut mirip dengan second account.

Berdasar keramaian itu, pengguna mungkin tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai fungsi Flipside Instagram. Lantas, sebenarnya apa fungsi Flipside Instagram? Jika tertarik untuk mengetahuinya, berikut adalah penjelasan fungsi Flipside Instagram.

Apa itu Flipside IG?

Sebelum mengetahui fungsinya, ada baiknya pengguna untuk memahami dulu apa itu Flipside IG. Lantas, apa itu Flipside IG?

Flipside IG adalah fitur yang memungkinkan pengguna membuat profil khusus atau profil baru yang lebih privat dan berbeda dari profil utamanya dalam satu akun Instagram. Fitur ini mewadahi pengguna yang ingin menampilkan sisi lain dirinya dengan privasi yang tetap terjaga.

Pengoperasian Flipside Instagram bisa dibilang mirip second account, sebagaimana yang ramai diungkapkan oleh warganet. Bedanya, pengguna tak perlu membuat akun baru untuk menampilkan profil yang berbeda dalam Flipside Instagram.

Perlu diketahui, second account adalah akun sekunder yang biasa dijadikan pengguna sebagai tempat untuk membagikan berbagai unggahan privat, hanya ke orang-orang terdekat. Second account itu terpisah dari akun utama pengguna.

Dengan Flipside Instagram, pengguna bisa membuat profil yang mirip second account dengan lebih mudah. Pengguna bisa membuat profil diri yang berbeda dengan profil utamanya dalam satu akun Instagram.

Itulah soal penjelasan apa itu Flipside IG. Untuk fungsi Flipside IG, penjelasannya bisa dibaca lebih lanjut di bawah ini.

Fungsi Flipside Instagram

Fungsi Flipside Instagram adalah untuk pengguna dapat memiliki dua profil yang berbeda dalam satu akun Instagram, satu untuk profil utama dan satu untuk profil sekunder yang berfungsi mirip second account.

Jadi, pengguna bisa membuat profil khusus dan mengunggah konten-konten pribadi di profil Flipside Instagram, yang fungsinya mirip second account. Pengguna bisa menampilkan profil diri yang berbeda melalui Flipside Instagram.

Hadirnya Flipside Instagram membuat pengguna tak perlu repot-repot membuat akun sekunder yang terpisah dari akun utama untuk menampilkan profil diri yang berbeda. Profil privat sekarang bisa dibuat dalam satu akun Instagram melalui fitur Flipside IG.

Jika ingin beralih ke profil privat atau profil sekunder, pengguna hanya perlu menggantinya dengan sekali klik.

Baca juga: Cara Bikin Template di Instagram Story untuk Kreator dan Pemilik Bisnis

Perlu diketahui, di aplikasi Instagram saat ini, terdapat tombol baru berupa ikon kunci yang terdapat pada pojok kanan bawah halaman profil, sebagaimana tertera pada gambar di bawah ini.

Tampilan fitur Flipside Instagram yang berbentuk ikon kunci. Pengguna bisa klik ikon kunci tersebut untuk beralih dari profil utama ke profil sekunder dan sebaliknya.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan fitur Flipside Instagram yang berbentuk ikon kunci. Pengguna bisa klik ikon kunci tersebut untuk beralih dari profil utama ke profil sekunder dan sebaliknya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com