Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Flipside Instagram yang Ramai di Medsos? Bisa Bikin Profil Mirip “Second Account”

Kompas.com - Diperbarui 27/01/2024, 20:45 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Baru-baru ini, media sosial (medsos) seperti X (dulu Twitter) tengah ramai dengan pembicaraan pengguna mengenai salah satu fitur baru yang terdapat di aplikasi Instagram (IG). Fitur itu adalah Flipside Instagram.

Baca juga: Instagram Flipside Meluncur, Indonesia Langsung Kebagian

Salah satu keramaian itu muncul melalui akun base dengan handle @convomf. Dalam salah satu twitnya, terdapat pengirim yang menampilkan bahwa terdapat fitur baru Filpside IG yang muncul melalui ikon kunci, sebagaimana tertera di bawah ini.

Banyak warganet di X yang membagikan unggahan tentang pengalamannya mendapatkan dan menjajal fitur Flipside Instagram. Dari unggahan tersebut, tak sedikit pula warganet yang berkomentar jika fitur ini dapat membuat profil Instagram jadi mirip second account.

Berdasarkan keramaian yang terjadi, lantas apa itu flipside IG? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai apa itu flipside IG yang tengah ramai di medsos.

Apa itu flipside IG?

Flipside IG adalah fitur yang memungkinkan pengguna membuat profil khusus atau profil baru yang lebih privat dan berbeda dari profil utamanya dalam satu akun Instagram. Fitur ini mewadahi pengguna yang ingin menampilkan sisi lain dirinya dengan privasi yang tetap terjaga.

Pengoperasian Flipside Instagram bisa dibilang mirip second account, sebagaimana yang ramai diungkapkan oleh warganet. Bedanya, pengguna tak perlu membuat akun baru untuk menampilkan profil yang berbeda dalam Flipside Instagram.

Perlu diketahui, second account adalah akun sekunder yang biasa dijadikan pengguna sebagai tempat untuk membagikan berbagai unggahan privat, hanya ke orang-orang terdekat. Second account itu terpisah dari akun utama pengguna.

Dengan Flipside Instagram, pengguna bisa membuat profil yang mirip second account dengan lebih mudah. Pengguna bisa membuat profil diri yang berbeda dengan profil utamanya dalam satu akun Instagram.

Jadi, lewat fitur tersebut, pengguna dapat memiliki dua profil yang berbeda dalam satu akun Instagram, satu untuk profil utama dan satu untuk profil sekunder yang berfungsi mirip second account.

Hadirnya Flipside Instagram membuat pengguna tak perlu repot-repot membuat akun sekunder yang terpisah dari akun utama untuk menampilkan profil diri yang berbeda. Profil privat sekarang bisa dibuat dalam satu akun Instagram melalui fitur Flipside IG.

Jika ingin beralih ke profil privat atau profil sekunder, pengguna hanya perlu menggantinya dengan sekali klik.

Perlu diketahui, di aplikasi Instagram saat ini, terdapat tombol baru berupa ikon kunci yang terdapat pada pojok kanan bawah halaman profil, sebagaimana tertera pada gambar di bawah ini.

Tampilan fitur Flipside Instagram yang berbentuk ikon kunci. Pengguna bisa klik ikon kunci tersebut untuk beralih dari profil utama ke profil sekunder dan sebaliknya.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan fitur Flipside Instagram yang berbentuk ikon kunci. Pengguna bisa klik ikon kunci tersebut untuk beralih dari profil utama ke profil sekunder dan sebaliknya.

Pengguna bisa klik ikon kunci tersebut untuk mengakses Flipside IG, sehingga dapat beralih dari profil utama ke profil sekunder yang mirip dengan second account. Di profil Flipside IG, pengguna juga bisa klik ikon kunci itu untuk beralih kembali ke profil utama.

Di profil Flipside IG, pengguna dapat menambahkan nama profil, bio, dan foto profil tersendiri yang berbeda dari profil utama. Misalnya, di profil utama, pengguna memiliki nama profil “Joko”. Di profil Flipside IG, pengguna bisa menambahkan nama profil baru menjadi “Jeni”.

Selain itu, di profil Flipside IG, pengguna juga bisa mengunggah Story, Feed, dan Reels secara terpisah dari profil utama. Jadi, setiap konten yang diunggah pada profil Flipside tak akan tampil di profil utama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com