Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy S24 Dioprek, Ternyata Mudah Dibongkar-Pasang

Kompas.com - 07/02/2024, 19:04 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Youtuber gadget yang gemar mempreteli sebuah ponsel, yang dikenal dengan kanal "PBKreviews", mengunggah sebuah video proses pembongkaran salah satu model ponsel flagship terbaru Samsung, yaitu Galaxy S24.

Dalam video berdurasi sekitar 10 menit itu, secara garis besar, PBKReviews mengeklaim bahwa "saudara" Galaxy S24 Ultra tersebut mudah dibongkar dan diperbaiki.

Untuk membuka bagian punggung perangkat (backdoor), yang tampil di awal video, misalnya, pengguna hanya perlu memanaskan sisi-sisi cangkang (atas, bawah, kanan, kiri), supaya perekat cangkang melunak.

Setelah itu, barulah pengguna bisa melepas cangkang tersebut dengan cara mencongkelnya dari rangka utama ponsel.

Baca juga: Foto Miring Bisa Jadi Lurus dan Bagus Pakai AI di Samsung S24 Ultra

ilustrasi bagian belakang Galaxy S24 ketika cangkangnya dibuka.Youtube/PBKReviews ilustrasi bagian belakang Galaxy S24 ketika cangkangnya dibuka.

Ketika cangkangnya dibuka, pengguna bisa melihat komponen apa saja yang ada di permukaan punggung paling atas Samsung S24, seperti lapisan film untuk menghantarkan panas, modul kamera, charging coil, antena NFC, dan lain sebagainya.

Nah, untuk mempreteli komponen-komponen yang ada di Galaxy S24, pengguna hanya perlu mencopot sekitar 20 baut yang ada di sekeliling punggung perangkat.

PBKReviews lantas mencopot baut-baut ini dan mulai menarik komponen-komponen Galaxy S24 dari tempatnya, dimulai dari lapisan film untuk menghantarkan panas tadi. Lapisan ini menyatu dengan charging coil dan antena NFC.

Ketika dicopot, akan terlihat beberapa kabel fleksibel yang menghubungkan komponen satu dan yang lainnya, serta baterai Galaxy S24, seperti gambar di bawah ini.

ilustrasi bagian belakang Galaxy S24 ketika cangkangnya dibuka.Youtube/PBKReviews ilustrasi bagian belakang Galaxy S24 ketika cangkangnya dibuka.

Proses pencabutan komponen-komponen di Galaxy S24, menurut PBKReviews, bisa dilakukan dengan mudah. Sebab, pengguna hanya perlu mencongkel atau mencopot kabel fleksibel  komponen-komponen tersebut dari tempatnya, dan kabel ini tidak direkatkan ke mainboard.

Adapun beberapa komponen yang dicopot PBKReviews mencakup modul kamera, speaker, hingga mainboard yang disematkan dengan chipset, RAM, dan lain sebagainya.

Lalu, PBKReviews juga mencopot komponen baterai dari Galaxy S24. Komponen baterai ini dilapisi dengan plastik yang bisa ditarik untuk mengeluarkan baterai dari perangkat. Namun, plastik ini, menurut PBKReviews, keras untuk ditarik karena lem perekatnya cukup kuat.

Setelah ditarik dengan sedikit tenaga, baterai akhirnya berhasil dicopot dari perangkat dan pengguna bisa melihat komponen ponsel lannya, seperti tembaga untuk mendinginkan perangkat dan mainboard, sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini.

ilustrasi bagian belakang Galaxy S24 ketika cangkangnya dibuka dan semua komponennya dipreteli.Youtube/PBKReviews ilustrasi bagian belakang Galaxy S24 ketika cangkangnya dibuka dan semua komponennya dipreteli.

Nah, sesudah dibongkar sampai lapisan terbawah, PKBReviews mencopot beberapa tombol yang ada di sisi perangkat. Ia menilai bahwa hal ini cukup mudah karena pengguna hanya perlu mencongkel tombol tersebut saja supaya keluar dari rumahannya.

Baca juga: Layar Samsung Galaxy S24 Ultra Terbaik Versi DxOMark

Lalu, setelah semuanya dipreteli, PBKReviews kembali memasang sejumlah komponen yang telah dicopot. Proses pemasangan juga tampak mulus dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Karena mudah dibongkar pasang untuk penggantian komponen atau proses reparasi, ia memberikan skor 9 dari 10, di mana skor 10 artinya sangat mudah diperbaiki, sementara skor 1 berarti sangat sulit.

Ilustrasi skor tingkat kemudahan pembongkaran dan perbaikan Galaxy S24.Youtube/PBKReviews Ilustrasi skor tingkat kemudahan pembongkaran dan perbaikan Galaxy S24.

Skor 9 dari 10 ini juga diberikan karena PBKReviews menilai desain komponen Galaxy S24 cukup baik, ketersediaan suku cadang melimpah, serta layar, baterai, dan komponen lainnya mudah diperbaiki tanpa harus membongkar keseluruhan perangkat.

Penasaran melihat bagaimana PBKReviews membongkar Galaxy S24? Aksi dia bisa ditonton dalam jendela pemutar video berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com