Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Bisa Unggah Hasil Penghitungan TPS ke Situs KawalPemilu

Kompas.com - Diperbarui 13/02/2024, 19:33 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Situs web KawalPemilu.org kembali beroperasi menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan diselenggarakan pada Rabu (14/2/2024).

KawalPemilu.org merupakan situs pemantauan hasil penghitungan suara berbasis urun-daya (crowdsourcing) warganet Indonesia.

Situs yang digagas Ainun Najib ini berdiri sejak 2014 dan dapat digunakan untuk memantau penghitungan suara melalui teknologi real count yang diklaim cepat serta akurat.

KawalPemilu.org beroperasi berdasarkan data yang masuk ke situs web tersebut. Artinya, partisipasi masyarakat diperlukan supaya tujuan dari website penghitungan suara rakyat ini tercapai.

Berdasarkan laman informasi di KawalPemilu.org, website ini akan menampung foto formulir C.Hasil-PPWP atau hasil Pemilu dari tiap TPS. Data ini bisa diperoleh dari masyarakat atau penjaga tiap TPS dari seluruh penjuru wilayah Indonesia.

Baca juga: Situs KawalPemilu 2024 Meluncur, Ajak Masyarakat Kawal Hasil Pilpres

Nantinya, data dalam foto formulir C.Hasil-PPWP tersebut akan diulas oleh moderator KawalPemilu.org. Apabila data tersebut akurat, hasil penghitungan suara dari TPS yang ada di dalam formulir C-Hasil-PPWP itu akan masuk ke database KawalPemilu.org.

Semakin banyak orang yang mengunggah foto dari TPS tersebut melalui KawalPemilu.org maka semakin besar transparansi di TPS tersebut.

Lalu, semakin banyak TPS yang membagikan hasil penghitungan atau C.Hasil-PPWP-nya di KawalPemilu.org, semakin besar pula akurasi data penghitungan yang ada di dalam website ini.

"Kami ingin KawalPemilu menjadi tempat untuk mencocokkan data dari TPS sampai tabulasi tingkat nasional," tulis KawalPemilu.org di website-nya.

"Oleh karena itu, KawalPemilu mengundang tiap anggota masyarakat, para saksi TPS, para pengawas Pemilu, dan juga semua anggota panitia KPPS dan tim sukses partai/paslon untuk menyumbangkan foto C.HASIL-PPWP di setiap TPS yang mereka jaga," tambah KawalPemilu.org.

Cara berpartisipasi dalam KawalPemilu.org

Tampilan situs KawalPemiluKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Tampilan situs KawalPemilu

KawalPemilu.org mengizinkan masyarakat berpartisipasi dalam dua hal, yaitu menandai TPS yang dijaga, serta mengunggah hasil Pemilu atau form C.Hasil-PPWP tadi untuk menghitung suara rakyat dari suatu TPS.

Baca juga: Pendiri Kawal Pemilu di Balik Situs LaporPresiden

Berikut ini cara untuk menandai TPS yang ingin dikawal pengguna:

  • Buka situs KawalPemilu.org di desktop atau di mobile, dan login menggunakan akun Google.
  • Klik tombol "Cari Lokasi TPS" dan cari wilayah TPS berdasarkan provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa.
  • Klik tombol "Saya Jaga TPS ini", dan nantinya tombol akan berubah menjadi "Terima kasih atas partisipasi anda untuk menjaga TPS ini".

Nah, begitu Pemilu dimulai dan penghitungan suara sudah dilakukan, pengguna bisa mengawal perolehan suara di suatu TPS dengan cara di bawah ini:

  • Foto halaman dua formulir C.Hasil PPWP setelah penghitungan suara pemilihan capres dan cawapres di TPS selesai, lalu mengunggah foto tersebut di situs KawalPemilu.org.
  • Mengisi angka perolehan tiap pasangan calon (paslon) di kolom yang disediakan.
  • Menekan tombol kirim yang sudah tersedia di situs web KawalPemilu.org.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com