Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Ada Mesin Gacha Berhadiah CPU Intel di Jepang

Kompas.com - Diperbarui 29/04/2024, 09:53 WIB
Ristiafif Naufal,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah permainan mesin penjual otomatis (vending machine) di Jepang mengeluarkan CPU buatan Intel. Lantas seorang pengguna di akun Youtube dengan handle Sawarasan membagikan kejadian unik ini melalui sebuah video yang ia unggah.

Mesin gacha CPU tersebut tampaknya berlokasi di depan atau di dalam sebuah toko komputer yang bernama PC 1's. Toko tersebut diketahui menjual berbagai macam komponen PC baru dan bekas serta kamera, media, perangkat lunak (software), dan sejenisnya.

Di dalam video, Sawarasan terlihat mendapatkan sebuah CPU Intel Core i7-8700 setelah memasukkan sejumlah uang sebesar 500 yen atau sekitar Rp 52.000 saja dan memutar tombol di sebuah mesin mainan kapsul.

Baca juga: Intel Umumkan Chip AI Gaudi 3, Klaim Lebih Kencang dari Nvidia H100

Sawarasan kemudian kembali ke rumah dan mulai menginstal juga menguji CPU yang baru saja didapatkannya tadi.

CPU gacha ternyata bisa jalan, tapi...

Setelah menyusun sistem pengujian menggunakan i7-8700 sebagai basis untuk merakit komputer, CPU tersebut berhasil melakukan booting ke BIOS dengan cukup baik tetapi tampaknya terdapat beberapa masalah lain.

Pada awalnya terdapat beberapa permasalahan pada tampilan layar yang diakibatkan prosesor setelah mengganti input layar dan proses instalasi windows pun berujung gagal. Dia menduga bahwa ada sesuatu yang salah dengan salah satu atau beberapa core CPU-nya.

Di dalam video, ia bahkan terlihat mencoba untuk mengetahui keaslian CPU tersebut dengan mengakses situs dukungan Intel, namun hasilnya tetap gagal.

Baca juga: Qualcomm Klaim Snapdragon X Elite Lebih Kencang dari Intel Core Ultra

Setelahnya dia kembali mencoba dengan membatasi jumlah core di BIOS menjadi 5 core dan ternyata berhasil memasang Windows. Seperti yang dapat dilihat pada Task Manager di bawah, CPU tersebut bekerja dengan lima core dan sepuluh thread

Tangkapan layar windows task manager sawarasanSawarasan Tangkapan layar windows task manager sawarasan

Meskipun terdapat masalah di salah satu core, CPU ini masih mampu menjalankan Windows, dapat bertahan di system information tool probing, dan menyelesaikan benchmark Cinebench R15 dan R23.

Pada pengujian di Cinebench R15 didapatkan 992 poin saja. Seharusnya varian 5-core dari prosesor itu dapat mencapai sekitar 1.183 poin. Sementara, di Cinebench R23 didapatkan sebesar 7.474 poin.

CPU Intel Core i7-8700 merupakan prosesor generasi ke-8 keluaran tahun 2017 yang menggunakan arsitektur Coffe Lake dengan proses fabrikasi 14 nm. Selain itu CPU ini memiliki 6 core dan 12 thread dengan kecepatan 3,2 GHz dan boost hingga 4,6 GHz.

Adapun saat ini CPU Intel Core i7-8700 bekas dari toko PC 1’s yang sama di Jepang dijual dengan harga 13.800 yen atau sekitar Rp 1,44 juta dengan masa garansi tiga bulan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tom's Hardware, Jumat (26/4/2024).

Baca juga: Pemerintah China Mulai Tinggalkan PC dengan Chip Intel dan AMD

Apa itu mesin gacha?

Mesin penjual mainan kapsul ini merupakan contoh dari mesin gacha yang sangat populer di Jepang serta dapat dengan mudah ditemukan di berbagai tempat.

Beberapa mesin gacha biasanya memiliki tema seperti tokoh animasi Hello Kitty atau bertemakan mobil-mobilan, sehingga pemain mengetahui hadiah apa yang bakal diterima nantinya, tetapi tidak tahu persis seperti apa barang tersebut.

Kebanyakan mesin gacha juga berisi mainan plastik kecil yang bakal dikeluarkan setelah pengguna memasukkan sejumlah uang tunai dan memutar tombol. Uniknya, dalam hal ini mesin gacha diisi dengan CPU Intel, walaupun tidak jelas apakah ada kemungkinan mesin ini berisi CPU jenis lain.

Tidak diketahui secara pasti kapan kejadian itu terjadi, namun yang jelas video yang menampilkan mesin penjual otomatis mengeluarkan CPU tersebut telah diunggah pada tanggal 29 Desember 2022 yang lalu.

Boleh jadi mesin gacha ini merupakan cara yang menarik dari toko untuk menyajikan sedikit hiburan kepada para pengunjung yang mampir atau mungkin saja mesin gacha ini berfungsi sebagai sarana untuk membuang CPU yang memang sudah usang atau rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com