Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air dengan Mudah, Tak Perlu Panik

Kompas.com - 05/03/2024, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan HP (handphone) yang perlu diketahui untuk mencegah kerusakan karena kondisi tertentu. Salah satu panduan dasar itu seperti cara mengatasi HP kemasukan air.

HP sangat mungkin terpapar atau terendam air. Misalnya, saat HP terkena hujan atau terjatuh di bak kamar mandi. Jika tidak segera ditangani, air yang masuk di HP itu bakal berpotensi menimbulkan kerusakan lebih lanjut.

Baca juga: 5 Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP, Penting buat Cegah Kerusakan

Jika mengalami masalah HP kemasukan air, pengguna tak perlu panik. Ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan lebih lanjut pada HP akibat kemasukan air.

Lantas, bagaimana cara mengatasi HP yang kemasukan air? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi HP kemasukan air dengan mudah.

Cara mengatasi HP kemasukan air

Cara mengatasi HP kemasukan air itu pada dasarnya cukup mudah. Pengguna bisa mengatasinya secara mandiri. Misalnya, saat kemasukan air, pengguna bisa mematikan HP terlebih dahulu.

Selanjutnya, pengguna juga bisa mengeringkan HP yang kemasukan air. Selain itu, masih terdapat beberapa cara lainnya. Adapun beberapa cara mengatasi HP kemasukan air adalah sebagai berikut.

1. Matikan HP

Jika HP kemasukan air dan dicoba dinyalakan, tindakan itu dapat menyebabkan hubungan arus pendek pada komponen penting. Oleh karena itu, setelah mengetahui HP kemasukan air, sebaiknya langsung matikan HP.

2. Jangan cas HP

Kemudian, supaya tidak terjadi korsleting, pengguna juga perlu untuk menghindarkan HP dari arus listrik. Jadi, saat HP baru saja terpapar air, pengguna sangat tidak disarankan untuk mengisi dayanya.

Baca juga: Benarkah Main HP saat Hujan Bisa Tersambar Petir? Begini Penjelasannya

3. Posisikan HP dengan benar

Saat kemasukan air, segera posisikan HP dengan benar. Letakkan HP dengan posisi speaker menghadap bawah. Kemudian, goyangkan secara perlahan. Tujuannya agar air dapat perlahan menetes keluar.

4. Keringkan HP

Sembari memosisikan HP dengan benar, pengguna bisa mengeringkan permukaan yang terpapar air. Untuk mengeringkannya, pengguna dapat mengusap-usap HP menggunakan kain berbahan lembut seperti kain pembersih kacamata atau kain microfiber.

5. Jangan keringkan HP dengan hair dryer

Kelima, untuk mengeringkan HP, pengguna sangat tidak disarankan untuk menggunakan alat pengering rambut (hair dryer).

Pasalnya, udara panas yang dihasilkan hair dryer bisa merusak komponen HP. Selain itu, pengguna juga tidak disarankan untuk memakai alat yang menghasilkan udara bertekanan.

6. Gunakan aplikasi untuk mengeluarkan air dari HP

Keenam, pengguna bisa menggunakan aplikasi untuk mengeluarkan air dari HP. Adapun aplikasi untuk mengeluarkan air dari HP adalah aplikasi yang bisa memutar atau menghasilkan suara bernada tinggi dan getaran.

Aplikasi pemutar suara bernada tinggi untuk mengeluarkan air dari speaker HP itu saat ini sudah banyak tersedia di toko aplikasi resmi. Pengguna bisa mencarinya di toko aplikasi resmi dengan kata kunci seperti ini “Water Eject” atau “Speaker Cleaner”.

Penggunakan aplikasi untuk mengeluarkan air dari HP ini cukup mudah. Pengguna tinggal memutar suara bernada tinggi yang tersedia di aplikasi dan meletakkan HP dengan posisi speaker menghadap bawah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com