Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memperbaiki Kesalahan UI Sistem Tidak Menanggapi di HP Android

Kompas.com - 28/04/2024, 18:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna HP Android tentu tak lepas dari berbagai eror yang terjadi. Salah satunya eror dengan keterangan “System UI Isn’t Responding” atau kesalahan UI Sistem Tidak Menanggapi.

Kesalahan ini biasanya disebabkan oleh cache dan data aplikasi yang menumpuk, kerusakan file sistem, atau bug pada sistem operasi Android. Kesalahan ini biasanya mempengaruhi kinerja ponsel dan menganggu pengalaman pengguna saat menggunakan ponsel.

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kesalahan UI Sistem Tidak Menanggapi di HP Android. Selengkapnya berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba.

Baca juga: Daftar 10 HP Android Kelas Menengah Terkencang Maret 2024 Versi AnTuTu

Muat ulang ponsel Anda

Apabila Anda mengalami masalah pada ponsel Anda, langkah perbaikan pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan me-restart ponsel.

Langkah ini akan mematikan dan menghidupkan kembali semua fitur ponsel, yang seringkali bisa memperbaiki gangguan kecil yang terjadi. Ini bisa jadi cara efektif untuk mengatasi masalah UI yang Anda hadapi.

Memuat ulang HP Android biasanya dapat dilakukan dengan tekan dan tahan tombol daya kemudian pilih opsi "Mulai Ulang".

Instal ulang aplikasi tertentu

Jika Anda mengalami pesan "UI Sistem tidak merespons" saat membuka aplikasi, salah satu langkah pertama yang bisa Anda coba adalah menghapus dan menginstal ulang aplikasi tersebut.

Kemungkinan besar, aplikasi Anda mengalami kerusakan atau masalah teknis yang dapat diperbaiki dengan cara ini. Untuk menghapus aplikasi, buka aplikasi di ponsel Anda, cari aplikasi yang bermasalah, lalu tahan ikon aplikasi tersebut. Dari menu yang muncul, pilih opsi "Hapus" atau "Copot pemasangan", selanjutnya konfirmasi dengan menekan "OK".

Memperbarui versi Android Anda

Kesalahan dalam sistem operasi Android bisa menjadi penyebab munculnya berbagai pesan error pada ponsel Anda. Bisa jadi error kesalahan UI Sistem tidak menanggapi di HP Android, bisa jadi karena terjadi bug pada sistem operasi.

Cara update pada ponsel Android, meliputi:

  • Buka “Pengaturan”
  • Pilih “Tentang telepon”
  • Klik versi MIUI selanjutnya apabila terdapat notifikasi pembaruan, maka segera memperbarui sistem operasi ponsel Anda

Hapus Widget layar beranda ponsel Anda

Salah satu faktor yang mungkin menyebabkan pesan error "UI Sistem tidak merespons" adalah adanya widget yang bermasalah pada layar beranda ponsel Anda. Saat ponsel dinyalakan, sistem akan memuat semua widget yang ada; jika ada widget yang bermasalah, bisa menyebabkan ponsel menampilkan pesan error.

Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu menghapus widget pihak ketiga yang ada di layar beranda. Caranya, tahan dan ketuk widget yang ingin dihapus, lalu pilih opsi "Hapus". Lakukan hal yang sama untuk setiap widget yang Anda curigai sebagai penyebab masalah.

Baca juga: Cara Kalibrasi Google Maps agar Lebih Akurat di HP Android dan iPhone

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com