Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umidigi G9 5G Meluncur, HP Android Murah dengan Kamera 50 MP

Kompas.com - 22/04/2024, 09:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi asal China, Umidigi, merilis smartphone terbarunya yakni Umidigi G9 5G dalam gelaran Global Sources Mobile Electronics di Hong Kong, pekan lalu. Ponsel ini dirilis untuk wilayah China.

Ponsel ini dibanderol dengan harga 99,99 dollar AS atau setara Rp 1,6 juta. Dengan harga yang menyasar segmen entry-level ini, Umidigi G9 5G dibekali oleh spesifikasi yang cukup mumpuni.

Umidigi G9 5G dibekali tiga kamera belakang yang mencakup kamera utama 50 MP, kamera depth 2 MP, dan kamera makro 2 MP. Kamera ini disematkan langsung di punggung tanpa modul, dan ditemani oleh sebuah lampu LED flash.

Beralih ke bagian depan, smartphone ini memiliki kamera selfie 8 MP yang ditempatkan dalam modul menyerupai tetesan air (waterdrop).

Bicara soal layar, Umidigi G9 5G mengusung layar LCD berukuran 6,75 inci dengan refresh rate 90 Hz. Sebagai perbandingan, biasanya ponsel entry-level memiliki layar dengan refresh rate yang mentok di 60 Hz saja.

Baca juga: Huawei Pura 70, 70 Pro, dan 70 Pro Plus Meluncur, Debut Smartphone Pura Series

Dengan refresh rate yang lebih tinggi, pengguna bisa menggulirkan (scrolling) layar, berpindah dari satu tab ke tab lainnya dalam browser, dan bermain game dengan lebih mulus.

Umidigi G9 5G membawa spesifikasi yang mumpuni di segmen harga 99,99 dollar AS (setara Rp 1,6 juta)GSMArena Umidigi G9 5G membawa spesifikasi yang mumpuni di segmen harga 99,99 dollar AS (setara Rp 1,6 juta)
Di sektor performa, gawai terbaru Umidigi ini diotaki oleh System-on-Chip (SoC) Unisoc T765 yang mendukung konektivitas 5G. Ini menjadi debut Unisoc T765 di pasar global, setelah pertama kali dirilis di China pada Januari 2024 lalu.

Chipset delapan inti (octa-core) ini memiliki dua inti Cortex-A76 (clockspeed maksimum 2,3 GHz) dan enam inti Cortex-A55 (clockspeed maksimum 2,1 GHz).

SoC Unisoc T765 tersebut dipadukan dengan RAM 6 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB.

RAM yang besar memungkinkan pengguna untuk membuka lebih banyak aplikasi secara bersamaan, sedangkan storage luas dimanfaatkan untuk menyimpan lebih banyak file, foto, aplikasi, dan game.

Umidigi G9 5G diklaim memiliki skor pengujian alias benchmark performa melebihi 400.000, tetapi tidak dijelaskan software benchmark yang digunakan.

Baca juga: IDC: Pasar Smartphone Global Naik 7,8 Persen, iPhone Turun Terparah sejak Covid-19

Yang jelas, makin tinggi angka dalam benchmark, makin baik pula performa dari perangkat yang diuji tersebut.

Untuk daya, Umidigi G9 5G ditopang oleh baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh. Dengan baterai ini, ketebalan ponsel masih mentok di 7,9 mm.

Sistem operasi (OS) yang dijalankan adalah Android, tetapi situs resmi Umidigi tidak merincikan versi Android yang dijalankan.

Spesifikasi Umidigi G9 5G lainnya dan ketersediaannya juga belum diumbar, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Senin (22/4/2024).

Seperti yang sebelumnya disebutkan, harga Umidigi G9 5G dibanderol hanya 99,99 dollar AS atau sekitar Rp 1,6 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com