Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Kita Cetak Poster Sendiri

Kompas.com - 08/04/2009, 15:32 WIB

KOMPAS.com — Anda pasti sudah pernah melihat poster, bukan? Ukurannya bukan cuma 20 x 30 cm alias 10R, tapi bisa mencapai 60 x 90 cm. Poster-poster yang dijual biasanya dicetak menggunakan printer format besar (dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah “large format printer”).

Percayakah Anda kalau poster sebesar apa pun bisa Anda buat dengan printer inkjet yang sekarang ada di atas meja komputer Anda? Ya, printer berukuran A4 pun bisa dipakai untuk membuat poster.

Intinya begini. Sebuah gambar akan dipecah-pecah menjadi beberapa bagian dengan ukuran A4. Setelah itu, tiap bagian akan dicetak. Setelah semua tercetak, Anda tinggal gabungkan untuk menjadi sebuah poster yang utuh.

Ada hal yang harus benar-benar diperhatikan, yakni resolusi gambar yang akan dicetak jadi poster. Standarnya, untuk sebuah foto, 200 piksel atau 300 piksel sama dengan 1 inci. Artinya, resolusi foto itu adalah 200 piksel per inci atau 300 piksel per inci.

Aturan itu berlaku untuk foto yang akan dicetak ukuran kecil, paling tidak sampai ukuran 12R. Foto-foto berukuran kecil akan dipandangi dari jarak dekat. Lain halnya dengan poster yang dilihat dari jarak jauh. Jadi, resolusi kecil pun tak akan masalah. Dengan kata lain, adanya sedikit noise akibat pembesaran bukanlah masalah. Toh, dari jarak jauh tak akan terlihat.

Anda bisa membuat foto berukuran 50 x 70 cm dengan foto 6 megapiksel (sekitar 2400 x 3000 piksel). Artinya foto itu memiliki resolusi kira-kira 100 piksel per inci. Hasilnya akan tetap mengagumkan. Tak berarti foto harus 6 megapiksel. Lebih kecil pun tak apa—apalagi lebih besar. Hanya, andai foto itu lebih kecil, noise akibat pembesaran akan semakin terlihat jelas.

Ada beberapa cara untuk mencetak poster dengan printer biasa. Anda bisa pakai Adobe Photoshop atau peranti lunak yang secara khusus dibuat untuk mencetak poster dengan printer biasa. Buat peranti lunak yang terakhir ini, PCplus mengunakan Posteriza yang bisa Anda peroleh dari www.posteriza.com.

Dengan Adobe Photoshop
Kalau Anda tidak punya internet untuk mengunduh Posteriza, Anda bisa pakai Adobe Photoshop. Posteriza secara otomatis membagi foto menjadi beberapa kotak. Di Photoshop, pembagian itu Anda buat sendiri.

Begini caranya untuk membuat poster berukuran 90 x 60 cm:
1. Buka foto dengan Adobe Photoshop— PCplus pakai Adobe Photoshop CS2.

2. Klik Crop Tool yang ada di dalam Tool Box. Kemudian, isikan propertinya—Width dengan 90, Height dengan 60 atau sebaliknya kalau foto Anda “berdiri”.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com