Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry Pluto dan Magnum Segera Menyusul

Kompas.com - 03/08/2009, 17:26 WIB

ONTARIO, KOMPAS.com - Meski belum ada kepastian, dua spesifikasi produk baru yang kemungkinan besar akan dirilis BlackBerry sudah beredar di internet. Kedua produk tersebut kemungkinan diberi nama BlackBerry Magnum BlackBerry Pluto.

Sesuai datasheet yang diberi status belum lengkap di situs PDADB, kedua-duanya dilaporkan sebagai penerus Bold. BlackBerry Pluto memiliki kode Bold 9900 sedangkan Magnum memiliki nama resmi Bold 9220.

Meski disebut-sebut penerus Bold, bentuk Pluto lebih mirip Curve 8900 (Javelin). Hanya saja, Pluto sudah mendukung 3G tidak hanya sampai EDGE. Selain itu, navigasinya ganda selain keyboard QWERTY ada layar sentuh (touchscreen). Sistem operasi RIM BlackBerry 4.7.

Sementara BlackBerry Magnum bentuknya mirip sekali dengan BlackBerry Onyx yang juga masih belum dirilis. Bedanya, Onyx kemungkinan besar sudah menggunakan trackpad optik sedangkan Magnum masih memakai trackball. Produk ini mengunggulkan kecepatan prosesornya yang menggunakan Marvell PXA930 624 MHz.

Ada beberapa hal yang membedakan antara Magnum dan Pluto di samping tampilannya. Jika Magnum menggunakan sistem operasi RIM BlackBerry OS 4.6, Pluto sudah menggunakan versi 4.7. Namun, Magnum mendukung HUPA sedangkan Pluto baru HSDPA (high speed downlink packet access).

Namun, banyak fitur keduanya sama saja. Misalnya memori RAM dan ROM masing-masing 128 MB dan mendukung eksternal ROM hingga 1 GB. Juga sama-sama menggunakan kamera 3,1 megapiksel dan layar TFT 65.000 warna. Kedua-duanya juga diperkirakan akan dirilis September 2009 seperti halnya Onyx.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com