Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia 5730 Xpress Music, Musik dan Ngetik Sama Asyiknya

Kompas.com - 06/11/2009, 10:52 WIB

Meski menyerupai E75 ponsel ini bukanlah versi murah atau generasi penerus E series tersebut. Nokia 5730xm sepertinya turunan dari 5320xm yang juga mengelaborasikan fungsi smartphone dengan fasilitas multimedia. Seperti ponsel-ponsel keluarga musik pada umumnya, 5730xm memiliki tombol khusus musik yang berjejer di selasar kiri di samping layar.

Nokia 5730xm yang Sinyal uji ini berwarna merah. Sebenarnya bodi 5730xm ini didominasi hitam. Merah hanyalah untuk membedakan dengan varian 5730xm lainnya yang kabarnya bakal hadir dalam pilihan monokrom, biru dan pink. Seperti si merah ini, semua 5730xm hadir dengan dominasi hitam juga.

Sebagai anggota dari keluarga musik ponsel ini hadir dengan casing beraksen ceria, namun ceria pada 5730xm tidak dibuat dominan sebab tubuhnya yang kokoh menyiratkan juga sisi elegan. Aura premium ini bakal Anda rasakan pada bodi samping yang dibalut metal dengan aksen kristal.

Bagian muka merupakan sisi yang menawarkan nuansa hiburan. Di sini ada keypad angka standar yang dibalut hitam mengkilat dari plastik. Tombol-tombol ini begitu empuk dan halus. Ukurannya cukup mungil bagi ponsel berbodi bongsor, tapi masih oke untuk mengetik pesan SMS yang singkat. Sementara untuk menulis e-mail yang panjang rasa-rasanya akan lebih afdol dengan menggunakan QWERTY di bawah sliding.

Pada bagian muka ini ditemukan juga tombol game. Tepatnya di bagian kepala di atas layar, jadi bersiap-siaplah menerima segudang hiburan dari 5730xm karena ponsel ini sudah mendukung platform N-Gage.

Secara umum dimensi ponsel ini berukuran sedang, hampir seukuran E75. Seperti ponsel sliding kebanyakan 5730xm lumayan tebal, namun berkat dimensinya ini (112x51x15.4 mm) 5730xm menjadi pas pada genggaman. Bahkan terasa kokoh sebab bodi belakangnya yang mengadopsi teknik doff. Tapi tentu saja akan tidak nyaman ketika dimasukkan pada saku kemeja, apalagi bobotnya cukup berat (135 gram).

Sistem bukaannya begitu mantap, kami memberikan apresiasi pada kemampuan sliding-nya ini. Ketika slider terbuka, Anda akan bersitatap dengan tatanan keyboard QWERTY. Tombol-tombol QWERTY ini terbuat dari bahan karet yang empuk, cukup besar-besar, namun sayang permukaanya dibuat dengan pola mendatar.

Antarmuka & Perangkat Lunak
Satu lagi yang sedikit disayangkan pada 5730xm adalah luas layarnya yang masih 2,4”. Visualisasi layarnya ini begitu nyaman di mata, ikon-ikon, halaman situs, sampai game di N-Gage dapat ditampilkannya dengan apik dan tajam. Dan yang tidak bisa dilewatkan tentu saja fungsi accelerometer untuk menampilkan layar menjadi model lanskap (horisontal).

Dalam hal perangkat lunak, 5730xm dilengkapi sistem operasi Symbian S60 edisi 3 versi 9.3 dengan Feature Pack 2. Hasilnya adalah sistem aplikasi yang begitu responsif, cepat dan tentu saja mendukung multitasking.

Layar utamanya sendiri tampak cukup menarik dengan hadirnya aplikasi homescreen di mana aplikasi yang aktif akan ditampilkan mengambang pada layar. Oh ya, 5730xm ini ternyata sudah mendukung fungsi FOTA (Firmware update Over The Air), yaitu fasilitas untuk meng-update sistem perangkat lunak langsung dari ponsel. Sebagai catatan, layanan ini bisa ditemukan juga pada N97.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com