Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ZTE-W N61 XIANG: HSDPA Pintar, Plus QWERTY

Kompas.com - 13/11/2009, 16:06 WIB

Di Indonesia, ZTE lebih ngetop sebagai hape yang banyak dibundel operator. Biasanya, harganya murah meriah, dengan fitur minim. Mereka terkenal pula dalam hal modem 3G dan HSDPA.

Padahal sebetulnya ZTE juga punya hape pinter. Salah satunya ZTE-W N61, atau populer dengan nama ZTE Xiang.

Desain
Xiang diklaim sebagai hape pinter ber-keyboard Qwerty yang langsing. Dibanding sejumlah peranti dengan model sejenis, memang Xiang termasuk tipis. Tapi bobotnya terkesan berat, utamanya karena ada bagian casing yang berbahan logam.

Sejauh ini ZTE hanya menyiapkan satu warna. Kombinasinya cukup unik, yaitu logam warna perak plus kaca warna hitam di depan dan plastik tebal warna kehijauan di belakang. Untuk menyalakan hape, cari saja tombol On-Off di atas bodi, ujung kiri.

Deretan tombol terdiri dari 4 baris. Ukuran tombol di keyboard terbilang imut. Tapi karena ada jarak yang memadai antartombol, Sinyal tak begitu kesulitan memencetnya meski jempol kami tergolong jempol gajah. Mencetnya pun enak.

Tombol angka difungsi-gandakan dengan tombol huruf. Perhatikan angka 1-2-3 yang ditumpuk di huruf E-R-T, 4-5-6 di D-F-G, dan 7-8-9 di C-V-B. Hanya angka 0 punya tombol sendiri. Sejumlah simbol juga ditumpuk pada karakter lainnya.

Yang menarik, hape pinter ini juga pakai layar sentuh; kombinasi yang langka di hape cerdas ber-keyboard Qwerty. Seingat kami, baru Samsung Blackjack yang konsisten dengan kombinasi seperti itu.

Stylus ada di siku kanan atas bodi, agak belakang. Ukuran layar sebetulnya tak luas. Tapi karena menyatu dengan bagian casing berbahan kaca dan warna yang sama-sama gelap membuat layar terkesan luas. Layar bisa "dikunci" dengan memencet Fn sambil pencet spasi. Tapi Unlock agaknya hanya bisa dilakukan dari layar sentuh. Di pojok kanan atas layar ada kamera sekunder yang hanya dipakai untuk video call. Sementara di pojok kiri atas layar ada lampu indikator batere.

ZTE juga memasang sejumlah tombol pintas. Di kanan tombol Start Windows Mobile (logo Windows) ada tombol browser Internet Explorer Mobile, sementara di kiri tombol OK ada tombol Messaging (icon amplop). Tombol pintas lainnya adalah tombol Wireless Manager (icon pemancar) di ujung deretan tombol keyboard paling bawah.

Konektivitas 3.5G
Seperti jor-joran ZTE di Mobile World Congress awal tahun ini, Xiang merupakan seri yang mengedepankan kemampuan 3.5G (HSDPA/HSUPA). Cuma, karena ini prototipe yang tak ada setting internet operator Indonesia, kami terpaksa menyetelnya secara manual. Bagi yang pernah menyetel setting internet operator di PDAphone, tentu tahu bahwa tak semua operator menyiapkan data konfigurasi, khususnya untuk kartu prabayar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com