Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Bisnis Start Up

Pemerintah Janji Bangun Lebih Banyak Inkubator

Kompas.com - 06/04/2011, 22:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berkomitmen terus memberi dukungan terhadap perkembangan start up lokal di Indonesia khususnya di bidang teknologi komunikasi dan informatika. Dukungan datang dari sejumlah kementrian terkait.

Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) misalnya menyatakan berkomitmen terus menjalankan program pemberdayaan. Hal ini disampaikan Isa Anshary, Direktur Pemberdayaan Industri Informatika dari Depkominfo saat ditemui di acara pengumuman pemenang iMulai 3.0 di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (6/4/2011).

Isa menyatakan, Depkominfo secara rutin mengelar kompetisi untuk menjaring kreativitas start up lokal dengan mengadakan Indonesian ICT Award. Sampai saat ini, kata dia, kompetisi tersebut telah mendorong 700-an temuan baru dan 8 terbaik sedang dibantu perkembangannya oleh pemerintah.

"Kita juga sudah mulai mengembangkan sistem inkubator di Bandung. Tahun depan akan coba dikembangkan ke provinsi lain. Namun untuk tingkat kabupaten dan kotamadya jangka waktunya masih panjang," tambah Isa. Inkubator adalah wadah pembekalan terhadap start up lokal dimana para anggotanya akan diberi pengetahuan seputar wawasan dasar start up, juga dibekali manajemen enterpreneurship.

Namun, menurut Isa, perkembangan industri digital lokal perlu dukungan banyak pihak tidak hanya pemerintah. Isa memberi contoh, salah satu indutri ICT yang didukung pemerintah adalah di dunia animasi Indonesia. Katanya, salah satu animator Indonesia sudah ada yang bisa menjual film animasi berdurasi 20 menit dengan harga Rp 15 juta sekali tayang.

Menurut Isa, harga film animasi tersebut bisa lebih mahal seandainya stasiun televisi banyak mengapresiasi karya animasi lokal. "Depkominfo akan coba merangkul stasiun televisi agar mau membeli produk animasi lokal. Kami tidak punya hak untuk intervensi, jadi hanya himbauan," tambah Isa.

Selain itu, pemerintah juga akan memberikan dukungan dalam bentuk perlindungan atas Hak Kekayaan Intelektual yang dimiliki start up Indonesia. Start up akan dibantu untuk mendapatkan hak paten atas segala inovasinya.

"Start up lokal harus diberi penyuluhan tentang pentingnya Hak Kekayaan Intelektual," ujar I Wayan Dipta, Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKM dan Koperasi yang juga hadir di acara ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com